Banyak Faktor Pendukung Yang Menyebabkan Desa Kendalbulur Berhasil Lolos 3 Besar Tingkat Nasional

Tulungagung, beritaterbit.com – Desa yang menorehkan banyak penghargaan selain program PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga) yang berhasil, ditambah berbagai ragam atau bisa dikatakan produk unggulan atau inovasi desa yang menjadikan pendukung desa Kendalbulur maju ke lomba desa tingkat nasional masuk dalam 3 besar mewakili Provinsi Jawa Timur di tahun 2022.

Tentunya Desa Kendalbulur masuk Desa Digital ditambah dengan program ketahanan pangan desa antara lain Kampung Kambing, Patin dan Tembakau yang merupakan wujud sentuhan inovasi pemerintah Desa Kendalbulur dalam memajukan perekonomian desa.

Saat diwawancarai awak media beritaterbit.com, Anang Mustofa yang merupakan Kades Kendalbulur mengatakan bahwa, “Desa ini memiliki program inovasi desa yang selaras dengan RPJM (rencana pembangunan jangka menengah) Nasional di antaranya desa digital, desa wisata dan program pemberdayaan Kampung Kambing, Patin, Tembakau yang menjadi tanaman andalan Desa Kendalbulur ini merupakan unggulan Desa Kendalbulur dalam klarifikasi lapangan hari ini,” Selasa (25/10/2022).

Anang menambahkan, program inovasi ini merupakan bagian dari visi misi desa yang tertuang dalam Perdes RPJM Desa tahun 2019-2025.

“Program pembangunan desa harus mengacu pada RPJM Desa sehingga keberhasilannya nanti selama 6 tahun akan terukur, di lomba desa ini RPJM Desa menjadi pondasi dalam melihat perkembangan serta capaian pembangunan apakah sudah sesuai dengan regulasi yang ada di desa,” ungkap Anang Mustofa.

Sementara itu Ketua Tim Juri Bpk Drs Nana Widjaja, M.Ap menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Kendalbulur yang berhasil masuk nominasi 3 besar lomba desa. “Sebelumnya saya juga ikut berempati atas musibah banjir yang berdampak pada tanaman tembakau,” tuturnya.

Nana Widjaja juga mengatakan, desa ini memang luar biasa punya banyak program inovasi seperti dibidang pemerintahan mulai Desa Digital sampai pemberdayaan masyarakat desa dengan kampung patinnya dan wisata Desa Nangkula Park sebagai unit usaha Bumdes.

Lebih lanjut ia menyebut, “Tujuan lomba desa ini sebagai sarana evaluasi perkembangan desa, jadi dengan event ini desa yang terpilih bisa menjadi percontohan di tingkat nasional nantinya,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.