Teungku H Saifuddin Muhammad Dilantik Sebagai Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa

Bireuen,Beritaterbit.com – Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani,SH,M.Si melantik Teungku Saifuddin Muhammad sebagai Teungku Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen menggantikan Teungku H Jamaluddin Idris , Rabu, 11 Agustus 2021 malam di Masjid tersebut.

Prosesi pelantikan dilaksanakan dihadapan jamaah tetap Salat di Masjid Agung Sultan Jeumpa dan juga hadir Ketua DPRK dalam suasa aman,nyaman dan khidmad.

Foto : Prosesi pelantikan Imum Chik Masjid Aging Sultan Jeumpa Bireuen. (Suherman Amin)

Teungku H Saifuddin Muhammad yang dilantik itu adalah sosok tokoh pemuka agama dan ustadh,Mubaliq juga guru pengajian dari Juli Bireuen.

Penetapan dirinya sebagai Imum Chik dalam prosesi waktu lama karena setelah Tgk H Jamaluddin Idris mengundurkan diri karena sakit pada April 2021 lalu pihak Pengurus Masjid memilih beberapa nama untuk mengajukan kepada Bupati Bireuen yang oleh Bupati Bireuen melakukan konsultasi dan membahasnya dengan ulama kharismatik Abu Tu Blang Bladeh dan ( Tgk H Muhammad Amin bin Mahmud Blang Bladeh Jeumpa) dan Tgk H Hasonoel Bashry HG (Abu Mudi) untuk melakukan penetapan.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, SAg MAP menjelaskan, Imum Syiek Masjid Agung Sultan Jeumpa periode 2018-2023, Drs Tgk H Jamaluddin Idris, sejak April 2021 mengundurkan diri karena kondisi kesehatan.

Terkait masalah tersebut, Pengurus Masjid mengusulkan beberapa nama yaitu Abi Don Geulanggang, Tgk Kasman, Tgk Sanusi, Tgk Razali A Wahab Cot bate dan Tgk Aktiar Az Zanzbil Buket Teukuh, Tgk Saifuddin Muhammad dari Juli.

Dijelaskan, nama-nama yang sudah direkrut sebagai calon oleh Pengurus Masjid oleh Bupati Bireuen berkonsultasi dan membahasnya bersama sosok ulama kharismatik Abu Tu Blang Bladeh ( Tgk H Muhammad Amin bin Mahmud Blang Bladeh Jeumpa) dan Tgk H Hasonoel Bashry HG (Abu Mudi) untuk melakukan penetapan.

Setelah berkonsultasi dengan ulama secara bijaksana disepakati Tgk H Saifuddin Muhammad ustadh dan mubaliq asal dari Gampong Beunyot, Kecamatan Juli, Bireuen disepakati sebagai Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa, Bireuen dan dilantik Oleh Bupati Bireuen Dr H Muzzakar A .Gani,SH,M.Si dihadapan jamaah tetap Shalat di Masjid Agung Sultan Jeumpa dan juga hadir Ketua DPRK Bireuen . (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.