Pemprov Turunkan 1 Unit Excavator Bersihkan Longsor di Jalur Lintas Lebong – Rejang Lebong

Bengkulu, beritaterbit.com – Belum usai kesedihan musibah banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebong beberapa waktu lalu, Jumat (26/4/2024) Lebong kembali ditimpa musibah tanah longsor di jalur lintas Lebong-Rejang Lebong tepatnya di Kecamatan Rimbo Pengadang.

Pemerintah Provinsi Bengkulu merespon cepat musibah longsor yang terjadi di jalur lintas Lebong-Rejang Lebong tepatnya di Kecamatan Rimbo Pengadang dengan menurunkan satu unit alat excavator sebagaimana disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Herwan Antoni.

“Bahwa sore tadi kira-kira pukul 16.00 WIB telah terjadi longsor di jalan Lebong-Rejang Lebong di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang di mana longsor menutupi jalan utama sehingga akses tertutup,” kata Herwan Antoni.

“Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah berkordinasi dengan BPBD Lebong terkait dengan kejadian ini. Kemudian BPBD Provinsi Bengkulu juga sudah berkordinasi dengan PUPR Provinsi dan langsung direspon dengan menurunkan alat berat ke lokasi kejadian”.

Lanjut Herwan Antoni, Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah menurunkan alat berat excavator guna membersikan material longsor agar akses lalu lintas bisa dilewati serta mengevakuasi satu unit mobil yang terperosok di jurang.

Hasilnya, pada pukul 20.00 WIB Jalan Lintas Lebong-Rejang Lebong tepatnya di Kecamatan Rimbo Pengadang Desa Talang Ratu sudah bisa dilewati secara normal.

“Kemudian kami juga sudah mengevakusi satu unit mobil yang terperosok ke jurang serta diangkat langsung melalui alat berat yang telah kami turunkan, informasi terakhir pukul 20.00 WIB lalu lintas sudah kembali lancar,” tambah Herwan Antoni.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bengkulu Isnan Fajri menyatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah bekerja sama dengan Pemkab Lebong terkait pembebasan lahan untuk pemindahan sebagian badan jalan demi mencegah terjadinya longsor susulan.

“Kita juga bekerja sama dengan Pemkab Lebong terkait pembebasan lahan untuk pemindahan sebagian badan jalan sudah tak bisa dipertahankan dan harus direlokasi. Nah, ketika selesai pemindahan lahan, baru nanti yang akan direlokasi menjadi jalan Dinas PUPR Provinsi Bengkulu nantinya akan turun memindahkan badan jalan,” ungkap Sekda Isnan.

Lanjut Sekda Isnan, Pemprov Bengkulu juga sudah membuat perencanaan penanganan permanen masalah longsor Lebong melalui anggaran hibah BPBD Provinsi Bengkulu dan dana Inpres PUPR untuk masalah jalan.

“Ada beberapa titik antara Rimbo Pengadang sampai ke Lebong ke Bengkulu Utara. Ada 5 titik akan kita tanggulangi segera, untuk penanganan permanen akan kita usulkan di dana hibah BPBD Provinsi Bengkulu dan dana Inpres,” lanjut Sekda Isnan.

Lebih jauh Sekda Isnan mengklaim, anggaran yang digunakan dalam penanganan longsor Lebong-Rejang Lebong saat ini merupakan anggaran existing di Dinas PUPR Provinsi Bengkulu.

“Untuk penanganan darurat ini kita sudah menggunakan anggaran existing yang terpasang di Dinas PUPR Provinsi Bengkulu. Kita tidak menggunakan dana BTT karena prosesnya panjang, maka kita ingin cepat kita pakai anggaran PUPR,” tutup Sekda Isnan.

Penulis: Tedy

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.