Masyarakat Lancok-lancok Peringati Maulid

Bireuen, Beritaterbit.com – Masyarakat Lancok-lancok, Kecamatan Kuala, Bireuen melakukan kenduri dalam rangka memperingati hari lahir Nabi Besar Muhammad SAW di Komplek Meunasah Minggu, 24 Oktober 2021.

Prosesi pelaksanaan acara maulid diisi dengan ‘Meudike’ yang dibawakan Grup Zikir dari Dayah Babul Asyraf dan Dayah Muda Lancok-lancok yang juga pembagian santunan kepada santri dari dua Dayah tersebut.

Teungku Imum Lancok-lancok, Tgk Eddy Affan, S. Sos mengatakan, tradisi memperingati maulid merupakan tradisi yang telah turun temurun diselenggarakan sejak lama dan sudah merupakan warisan endatu yang terus dikembangkan.

Foto : Kegiatan Maulid di Desa Lancok-Lancok

 

“Memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW atau maulid adalah bentuk syukur kita terhadap lahirnya Rasulullah karena nikmat terbesar di dunia ini adalah lahirnya Nabi akhir zaman,” jelasnya.

Alumnus Darul Ulum Tanoh Mirah ini menambahkan, Nabi Muhammad lahir menjadi rahmatan lil’alamin dan kita adalah ummat terbaik di antara ummat Nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad.

“Kita ummat terbaik di antara ummat Nabi-nabi yang di utus sebelumnya, dan bahkan ada Nabi yang meminta kepada Allah untuk dilahirkan sebagai ummat dari Nabi Muhammad,” terangnya.

Lebih lanjut, dihadapan puluhan masyarakat Lancok-lancok Tgk Eddy mengatakan, peringatan Maulid bukanlah bukan bentuk eforia ummat islam akan tetapi harus dijadikan momentum memperbaiki diri dan sekaligus meneladani sikap-sikap mulia kekasih Allah ini dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (HERA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.