Krueng Peusangan Sangat Menjanjikan Kegiatan Fun Rafting

Bireuen, Beritaterbit.com – Krueng Peusangan atau Sungai Peusangan yang hulunya dari Danau Laut Tawar, Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dan bermuara ke Kuala Ceurape, Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen yang panjangnya mencapai lebih kurang 144 km.

Sepanjang alur Krueng Peusangan yang berkelok-kelok berbatuan besar di daerah tertentu di perbukitan pegunungan yang terlihat asri dipenuhi hutan dan belukar. Sementara airnya jernih dan dingin, juga didapati daerah tempat tertentu air sungai yang dalam dan tenang disebut lubuk.

Sementara ada daerah yang airnya deras disebut sarah. Juga ada tempat yang airnya dangkal bisa dimanfaatkan mandi dan berwisata. Kalau diguyur hujan lebat, debit air bertambah dan air menguning keruh karena di lereng perbukitan dan gunung banyak yang tandus dijadikan areal kebun kopi, sawit, dan lainnya sehingga merusak tanah dan terbawa arus erosi.

Terlepas dari kondisi alam pada saat tertentu, demikian Krueng Peusangan sangat menjanjikan berbagai aktifitas mendukung potensi wisata air dan wisata alam.

Seperti pada Minggu tanggal 29 Oktober 2023 sejumlah Mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen, Provinsi Aceh juga ikut 2 mahasiswi Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang Ikazu Ikane dan Kitamura Hikari yang mengikuti pertukaran Pelajar di Umuslim ikut bergabung dalam komunitas Alaska Meuseuraya 2023 yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Aneuk Alam Sayang Lingkungan disebut Mapala Alaska.

Dimana kegiatan ini dalam rangka memperingati Ultah ke 18 dibawah Koordinator Rahmat (Adon) didampingi Hafizam melaksanakan kegiatan Fun Rafting (Arung Jeram) didukung oleh Cloup Bentang River Camp dan Simpang Jaya Lestari di Krueng Simpo Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen.

Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan salah satu divisi yang ada di UKM Alaska Divisi Fun rafting (Arung Jeram) sekaligus melihat potensi wisata air yang ada di kawasan Krueng Peusangan kepada khalayak ramai.

Kegiatan tersebut dibuka Rektor Umuslim Dr. Marwan, M.Pd, menyampaikan ketika melepas tim Fun Rafting di Krueng Simpo pinggir Krueng Peusangan memberikan apresiasi dan dukungan kepada UKM Mapala Alaska yang terus melakukan kegiatan positif dalam mengembangkan minat bakat mahasiswa. Juga diingatkan agar penuh kehati-hatian mengikuti arus air berbatuan yang berkelok tajam.

Kemudian dua mahasiswi Jepang Ikezu Akane dan Kitamura Hikari kepada sahabatnya Amelia Rizkiani mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Umuslim yang pernah mengikuti pertukaran belajar ke Jepang tahun 2022 lalu menceritakan bahwa baru pertama kali mengikuti Fun Rafting sangat menantang, namun mengasyikkan merasa bahagia dan perasaan senang menjadi pengalaman pembelajaran berharga selama berada di Umuslim dan nantinya menjadi kenangan ketika pulang ke Jepang.

“Kegiatan tersebut berjalan lancar dan sukses, semua peserta sangat bersemangat dan gembira diakhiri doa dan ditutup sesi foto bersama,” ujar Muhammad Khalil selaku ketua umum UKM Mapala Alaska.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.