Kecamatan Juli Rawan Kebakaran, Bupati Bireuen Resmikan Pos Damkar

Bireuen, Beritaterbit.com – Setelah mempelajari dengan seksama dan sering terjadi kebakaran di kawasan Kecamatan Juli, maka Bupati Bireuen Dr H Muzakkar SH, M.Si hari Jumat (5/8/2022) bertempat di kantor Camat Juli meresmikan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar). Peresmian Damkar dihadiri Forkopinda Bireuen, Muspika Kecamatan Juli, Imum Mukim, Keusyik Kepala Desa dan tokoh masyarakat Juli.

Bupati Dr Muzakkar SH M Si mengatakan penempatan Pos Pemadam Kebakaran di Juli mengingat sebagian besar dari 36 desa yang berada pada ketinggian 1500 m dari permukaan laut diperbukitan yang berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah guna dapat mencegah dan mengantisipasi secara prefentif.

Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar SH,M.Si

Ini bentuk kepedulian dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, sehingga tenaga pemadam kebakaran dengan sigap yang ditempatkan di Pos Damkar bertugas dalam Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) sehingga dapat mempercepat penanganan bila terjadi kebakaran, baik kebakaran lahan, hutan, bangunan umum dan rumah penduduk.

“Untuk itu pada petugas Pos Damkar dan Mobdamkar tulis nomor HP yang segera dapat dihubungi. Kepada petugas setiap pagi lihat kesiapan air tangki mobil. Juga hidupkan mobil agar standby setiap saat. Jadi tidak ada kendala dan segera tiba dilokasi kebakaran. Jangan kita dapat imformasi bahwa mobil damkar terlambat tiba dilokasi sehingga rumah ludes terbakar. Ini penting saya ingatkan,” tegas bupati pada akhir arahannya.

Sebelumnya Camat Juli Doli Mardian SE, MM dalam sambutan berterima kasih kepada Bupati Bireuen Dr H Muzakkar SH, M.Si berkenan meresmikan Damkar dimasa akhir jabatan beliau tanggal 10 Agustus mendatang dengan menempatka 2 unit mobdamkar.

Camat Juli, Doli Merdian SE.MM

Ini sangat bermanfaat bagi warga Juli, saat ini Pos Damkar ada di kantor camat dan bisa sesegera mungkin tiba dilokasi. Kita tidak menghendaki musibah apapun, namun itu bisa terjadi bila warga lengah dan mengabaikan, maka bisa saja terjadi. Sebab Juli berada berbatasan dengan Kecamatan Jeumpa sebelah barat dan Peusangan Selatan sebelah timur yang umumnya sejumlah desa didaerah bukit, maka keberadaan unit Pos Damkar sangat membantu warga bila terjadi kebakaran bisa teratasi segera dengan baik.

Imum Mukim Juli Selatan Tgk Zainuddin kepada media online Beritaterbit mengatakan, bahwa petugas mobdamkar agar setiap hari keluar dari Pos Damkar berangkat ke bagian Selatan berhenti pada tempat yang mudah bergerak bila terjadi musibah seperti di pekarangan masjid atau menasah gampong. Jadi tidak ada alasan terlambat tiba di lokasi kejadian. Ini salah satu upaya yang baik bagi petugas pemadam. (Faiz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.