Bireuen Dipastikan Sebagai Tuan Rumah PON XXI

Bireuen,beritaterbit.com – Tim XXI verifikasi venue tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara (Sumut) 2024, kembali menurunkan timnya kedua kalinya untuk memastikan kesiapan Kabupaten Bireuen sebagai Tuan Rumah Cabang Sepakbola di lapangan Paya Kareung, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, tim tersebut didampingi Tim percepatan pembangunan venue tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen, Muhammad Al Muttaqin SPd MPd dan , Sekretaris Umum KONI Bireuen Zamzami, SPd, Ketua Harian ASKAB PSSI Bireuen, dan Budayawan Samsul Bahri.

Anggota Tim Verifikasi Venue PON Aceh, M Zaini Yusuf dam pejelasannya kepada wartawan Selasa 22 Juni 2021 mengatakan, kendatangan pihaknya untuk kedua kali ke Bireuen guna memastikan kesiapan dan keseriusan Bireuen menjadi salah satu tuan rumah PON XXI untuk cabang sepak bola dan bola tangan nantinya.

Harapan dari kabupaten/kota selama ini kendalanya belum ada surat keputusan (SK) penetapan lokasi baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. “Kendala utama dihadapi belum ada penera juga menjadi pembahasan rapat di KONI Aceh kemarin,” kata Zaini.

Sehingga untuk melakukan percepatan Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf membentuk tim untuk turun ke kabupaten/kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, salah satunya Kabupaten Bireuen.

“Kami hari ini ke Bireuen untuk memverifikasi dan juga menanya langsung keseriusan, kesiapan, keabsahan administrasi, sehingga saat kita ajukan penetapan SK ke Gubernur Aceh, semuanya sudah siap tidak ada lagi kendala,” kata Zaini.

Lebih lanjut Zaini mengatakan, apabila di tahun 2021 ini Aceh juga belum siap, bukan gagal tapi nanti akan terkendala.

“Untuk itu kita harapkan kepada Bupati/Walikota dan Gubernur Aceh agar segera dapat mengeluarkan SK penetapan lokasi sehingga daerah-daerah yang telah siap seperti Bireuen, tidak ada kendala lagi mengajukan pembangunan,” katanya

Sedangkan untuk Kabupaten Bireuen sesuai dengan pengajuan dua lapangan untuk pelaksanaan PON XXI yang akan di bangun yaitu cabang sepak bola dan bola tangan lokasi di lapangan Paya Kareung yang di kunjungi itu.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen, Muhammad Al Muttaqin SPd MPd, menyebutkan Bireuen siap jadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk cabang sepakbola karena luas areal lahan di Paya Kareung ada 36 hektare dan 7,3 hektare digunakan untuk stadion dan Bireuen sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

Sama seperti disampaikan M Zaini Yusuf yang dibutuhkan saat ini adalah legalitas yaitu SK penetapan lokasi dari Pemerintah Aceh. “Bireuen sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah, bahkan berkas Bupati sendiri yang antar ke Banda Aceh,” kata Muttaqin

Kadisporapar Bireuen dan tim percepatan pembangunan venue tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut dibentuk KONI Aceh, berharap SK penetapan lokasi dapat segera selesai, sehingga tahapan proses pembangunan venue dimaksud dapat dilakukan. (Suherma Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.