Babinsa Koramil 06/Peusangan Hadiri Rapat Koordinasi Dan Integritas TP UKS/M Wilayah Kerja Puskesmas Peusangan

Bireuen, Beritaterbit.com – Serka Muzakkir Babinsa Koramil 06/Peusangan Kodim 0111/Bireuen mewakili Danramil 06/Peusangan melaksanakan kegiatan rapat koordinasi dan integrasi TP UKS/M di wilayah Kerja Puskesmas Peusangan di SDN 3 Percontohan Desa Pante Gajah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Kamis (22/9/2022).

Serka Muzakkir mengatakan, Usaha Kesehatan Sekolah atau disingkat dengan UKS adalah merupakan program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

Dengan melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Usaha Kesehatan Sekolah biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah.

Perubahan pengetahuan dan sikap serta perilaku kesehatan dapat meningkatkan ketrampilan dalam melaksanakan hidup sehat. Pendidikan kesehatan dapat menghasilkan perubahan atau peningkatan serta akan berpengaruh pada sikap dan perilaku. Pendidikan kesehatan diarahkan untuk membiasakan hidup sehat agar memiliki pengetahuan sikap, ketrampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta aktif berpartisipasi dalam usaha kesehatan baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat dan keluarga.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diselenggarakan bertujuan secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta bisa menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis serta optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Diselenggarakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertujuan secara khusus juga untuk memupuk kebiasaan hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. Sasaran UKS ini meliputi seluruh peserta didik baik pada tingkat sekolah Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Agama, Pendidikan Kejuruan maupun Pendidikan Khusus (Sekolah Luar Biasa).

Salah seorang petugas puskemas mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan perilaku sehat dan bersih pihak sekolah harus melaksanakan Unit Kesehatan Sekolah dengan meliputi pendidikan, pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sehat.

Usaha Kesehatan sekolah agar bisa menjadi salah satu penopang kemajuan kesehatan di wilayah maupun lingkungan sekolah wilayah Kecamatan Pengasih ini. Pola hidup sehat selama para peserta didik masih berada dibangku sekolah, baik langsung maupun tidak langsung akan terwujud dalam kehidupan mereka terutama dilingkungan masyarakat serta keluarga. “Pemerintah Kecamatan Pengasih mengharapkan agar Tim Pembina UKS ini bisa menumbuhkan pemahaman dan pengertian tentang betapa pentingnya kesehatan,” ucapnya. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.