Wako Deri Asta Ikuti Rakernas PP Pordasi Tahun 2023

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) Sumatera Barat yang sekaligus menjabat sebagai Wali Kota (Wako) Sawahlunto Deri Asta SH mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat (PP) Pordasi Indonesia Tahun 2023 di Siak Provinsi Riau, Jum’at (27/01/2023).

Rakernas tersebut mengambil tema ‘Transformasi Pordasi Menuju Prestasi Dunia’.

Ketum Pordasi Sumbar Deri Asta mengatakan, melalui Rakernas ini akan mengambil kesempatan untuk bersinergi dengan PP Pordasi dalam meningkatkan sarana dan prasarana olahraga pacu kuda di Sawahlunto.

“Lapangan Pacu Kuda Kandi Sawahlunto mendapat kepercayaan sebagai lokasi pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda seri I dan II pada 2023. Tentu butuh persiapan untuk menyukseskan momen itu sehingga perlu sinergi yang lebih erat bersama PP Pordasi, maka kesempatan Rakernas ini untuk membahas lebih lanjut,” kata Deri Asta.

Rakernas itu dibuka langsung oleh Ketua Umum PP Pordasi Ny. Triwatty Marciano.

Triwaty Marciano menyampaikan, Tahun 1996 Pordasi didirikan dengan satu Komisi yakni Pacu Kuda. Dan saat ini sudah 5 Komisi.

Salah satu hal yang dibicarakan adalah mengenai peternakan dan kesehatan, dan akan lebih dibicarakan registrasi kuda.

Kedepannya kata Triwatty, Kuda harus memiliki akte kelahiran yang akan digunakan menjadi anggota Pordasi dan syarat mengikuti pertandingan.

Triwatty juga menekankan sosialisasi larangan menggunakan doping (anti doping) pada kuda. Kemudian Komisi Pacu akan fokus untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional 2024 di Sumatera Utara dan Pacu Kuda Tradisional Piala Presiden 2023.

Pada acara tersebut juga dilakukan Pengukuhan Pengurus Provinsi Riau dengan Ketua Umum Alfedri.

Penulis: Maryati/pkp

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.