Skizofrenia Ada Dekat Kita

Bila ada  orang berdiri  atau duduk diam, hati-hati. Siapa tahu mendadak menyerang kita. Mungkin saja seorang skizofrenia.

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis dan berat,  yang mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. Orang dengan skizofrenia mungkin tampak seperti mereka telah kehilangan kontak dengan kenyataan. Meskipun skizofrenia tidak umum seperti gangguan mental lainnya, gejalanya bisa sangat melumpuhkan.

Gejala skizofrenia biasanya dimulai antara usia 16 dan 30. Dalam kasus yang jarang terjadi, anak-anak juga menderita skizofrenia. Gejala skizofrenia terbagi dalam tiga kategori: positif, negatif  dan kognitif.

Gejala  positif adalah perilaku psikotik yang umumnya tidak terlihat pada orang sehat. Orang-orang dengan gejala positif mungkin “kehilangan kontak” dengan beberapa aspek realitas. Gejala termasuk:  Halusinasi, Delusi, Gangguan pikiran (Cara berpikir yang tidak biasa atau disfungsional), Gangguan gerakan (Gerakan tubuh yang gelisah).

Gejala negatif  berhubungan dengan gangguan pada emosi dan perilaku normal. Gejala termasuk: “Flat affect” (Mengurangi ekspresi emosi melalui ekspresi wajah atau nada suara), Mengurangi perasaan senang dalam kehidupan sehari-hari, Kesulitan memulai dan mempertahankan kegiatan, Berkurang berbicara.

Gejala kognitif  untuk beberapa pasien, gejala kognitif skizofrenia halus, tetapi untuk yang lain, mereka lebih parah dan pasien mungkin melihat perubahan dalam ingatan atau aspek pemikiran lainnya. Gejala termasuk: Miskin “fungsi eksekutif” (Kemampuan untuk memahami informasi dan menggunakannya untuk membuat keputusan).

Selain itu, kesulitan memfokuskan atau memperhatikan. Masalah dengan “memori kerja” (Kemampuan untuk menggunakan informasi segera setelah mempelajarinya).

Faktor risiko

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap risiko mengembangkan skizofrenia.

Gen dan lingkungan: Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa skizofrenia kadang terjadi dalam keluarga. Namun, ada banyak orang yang memiliki skizofrenia yang tidak memiliki anggota keluarga dengan gangguan dan sebaliknya, banyak orang dengan satu atau lebih anggota keluarga dengan gangguan yang tidak mengembangkannya sendiri.

Para ilmuwan percaya bahwa banyak gen yang berbeda dapat meningkatkan risiko skizofrenia, tetapi tidak ada gen tunggal yang menyebabkan gangguan itu sendiri. Belum mungkin menggunakan informasi genetik untuk memprediksi siapa yang akan mengembangkan skizofrenia.

Para ilmuwan juga berpikir bahwa interaksi antara gen dan aspek lingkungan individu diperlukan untuk skizofrenia untuk berkembang. Faktor lingkungan mungkin melibatkan: Paparan terhadap virus, Malnutrisi sebelum lahir, Masalah saat lahir, Faktor psikososial

Kimia dan struktur otak yang berbeda: Para ilmuwan berpikir bahwa ketidakseimbangan dalam reaksi kimia yang kompleks dan saling terkait dari otak yang melibatkan neurotransmitter (zat yang digunakan sel otak untuk berkomunikasi satu sama lain) dopamin dan glutamat, dan mungkin yang lain, memainkan peran dalam skizofrenia.

Beberapa ahli juga berpikir masalah selama perkembangan otak sebelum kelahiran dapat menyebabkan koneksi yang salah. Otak juga mengalami perubahan besar selama pubertas, dan perubahan ini dapat memicu gejala psikotik pada orang yang rentan karena genetika atau perbedaan otak.(cik/berbagaisumber)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.