7 Cara Mengubah Dokumen Menjadi PDF di HP + Tips Cegah Corrupt File

Saking praktisnya, kini banyak hal yang bisa dilakukan hanya dari genggaman smartphone saja, termasuk mengedit dan mengonversi file PDF. Ternyata tanpa PC atau laptop pun, mengubah file apapun ke dalam format PDF di perangkat android tetap bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Tentu ini sangat membantu mobilitas dan produktivitas para pekerja dan pelajar yang selalu dinamis dalam mengerjakan tugas dan urusan kantor. Dengan smartphone pintar Android, mereka tetap bisa dengan leluasa mengedit, membuat, hingga mengubah file penting apapun ke dalam format PDF kapan pun dan di mana pun.

Lantas bagaimana sih cara membuat PDF di hp? Sebenarnya ada banyak cara praktis yang bisa dilakukan kok. Baik memanfaatkan aplikasi bawaan Android ataupun menggunakan apps pihak ketiga, proses konversi file apapun ke PDF di HP Android bisa dilakukan secara instan.

  1. Pakai Aplikasi Penyunting Dokumen

Cara termudah adalah memanfaatkan aplikasi pengolah dokumen populer seperti Microsoft Word, Google Docs, Pages, dll. Setelah membuka atau membuat dokumen, pilih menu ‘Simpan sebagai PDF’ maka file siap dikonversi ke PDF.

  1. Gunakan Fitur Cetak ke PDF

Kebanyakan smartphone Android sudah dilengkapi fitur bawaan Cetak ke PDF. Jadi Anda tinggal buka berkas apa saja di HP, pilih menu cetak, lalu pilih opsi cetak PDF. File otomatis terkonversi dan siap disimpan dalam format PDF.

  1. Manfaatkan Aplikasi CamScanner

CamScanner tidak hanya berfungsi untuk memindai dokumen, namun juga bisa menyimpan hasil pindai atau foto galeri ke dalam format PDF. Jadi sangat recommended aplikasi satu ini.

  1. Pakai Aplikasi Converter Khusus

Ada pula aplikasi khusus konverter file ke PDF yang bisa diunduh di PlayStore, seperti PDF Converter, PDF Convertor Free dll. Cara pakainya sangat simpel dan pasti berhasil mengubah file apa saja ke PDF.

  1. Lewat Situs Web Online

Beberapa situs juga menyediakan layanan konversi dan kreasi file PDF secara online dan instan, seperti pdfmonkey.com atau pdfcandy.com. Anda cukup unggah berkas ke situs lalu download hasilnya ke memori HP dalam format PDF.

Nah kini setelah paham cara konversi file ke PDF di HP, ada baiknya diterapkan pula tips berikut ini agar file hasil konversi tidak error:

  • Pastikan koneksi internet lancar saat mengonversi file. Offline bisa menyebabkan file corrupt.
  • Hindari membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan saat konversi agar tidak memperlambat proses.
  • Konversi file satu per satu dan hindari file berukuran besar agar konversi berjalan maksimal.
  • Tutup/matikan dulu aplikasi lain termasuk game saat sedang melakukan konversi agar sistem fokus dan tidak overload.

Nah begitulah deretan cara ampuh dan tercepat untuk mengonversi beragam file seperti dokumen, gambar, bahkan foto ponsel menjadi PDF di perangkat Android. Itulah cara mudah konversi file apa saja ke PDF di HP Android beserta tips mencegah file corrupt.

Pakai cara di atas dan terapkan tips-nya agar konversi berjalan sukses tanpa error. Cukup menggunakan menu bawaan ponsel atau aplikasi pihak ketiga saja, pengubahan file apa pun ke format PDF bisa dilakukan secara instan.

Jadi, Anda tak perlu repot-repot membuka laptop atau PC setiap kali ingin mengonversi file penting ke PDF. Cukup pakai smartphone Android kesayangan, sudah bisa dengan mudah menjadikan file apa pun ke dalam format PDF kapan saja dan di mana saja Anda mau. Praktis kan? Langsung coba aplikasikan cara-cara di atas, pasti berhasil!

Ruangan komen telah ditutup.