Tips Mudah Menaikkan Berat Badan Saat Puasa

Kedatangan bulan suci Ramadhan hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi. Namun, ada sebagian orang yang mengalami penurunan berat badan akibat terbatasnya asupan kalori.

Tentu saja kondisi ini menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan maupun menjaga berat badan ideal selama puasa.

Lantas, bagaimana cara menambah berat badan saat puasa? Nah, untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Utamakan Makanan yang Berkalori Tinggi

Ketika waktu berbuka puasa telah tiba, disarankan bagi kamu untuk memilih jenis-jenis makanan yang memiliki tinggi kalori.

Pasalnya, makanan dengan kalori tinggi sangat efektif untuk menambah berat badan selama puasa. Adapun mengenai berbagai jenis makanan dengan kalori tinggi yang dimaksud, seperti olahan susu, daging-dagingan, telur, biji-bijian, buah alpukat, dan kacang-kacangan.

  1. Pilihlah Jenis-jenis Makanan yang Mudah Dicerna

Selain makanan dengan kalori tinggi, disarankan juga bagi kamu untuk memilih jenis-jenis makanan yang mudah dicerna.

Diantaranya seperti sayur sop, bubur, atau hidangan yang dimasak tanpa banyak lemak dan bumbu-bumbu berat.

Menurut para pakar gizi, menyebutkan bahwa makanan yang mudah dicerna sangat membantu dalam meminimalisir ketidaknyamanan perut, serta memungkinkanmu untuk mengonsumsi lebih banyak kalori.

  1. Tingkatkan Porsi Makanmu

Dalam rangka menaikan berat badan, tentu saja kamu juga harus meningkatkan lagi asupan kalori secara keseluruhan.

Dengan kata lain, kamu harus mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih besar dari biasanya. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan cemilan sehat di sela-sela waktu makan berbuka maupun sahur.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa air putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan berat badan saat puasa.

Kamu bisa memperbanyak minum air putih ketika waktu berbuka dan sahur. Pasalnya, air putih akan membantu dalam menjaga hidrasi tubuh sekaligus memfasilitasi proses pencernaan.

Dengan demikian, maka tubuhmu akan lebih bernafsu lagi untuk makan dan penyerapan nutrisi. Namun, sebaiknya kamu hindari minuman yang mengandung cafein dan karbon karena bisa menyebabkan dehidrasi.

  1. Mengonsumsi Cemilan yang Berkalori Tinggi

Setidaknya ada beberapa jenis cemilan berkalori tinggi yang wajib kamu masukkan ke dalam daftar menu sahur dan berbuka puasa.

Diantaranya seperti olahan susu, kacang-kacangan yang dipanggang, buah kering, dan lain sebagainya.

  1. Berolahraga Secara Rutin Dengan Skala Rendah

Siapa bilang bahwa kegiatan olahraga tidak bisa dilakukan di bulan puasa? Tentu saja olahraga masih bisa dilakukan di bulan puasa, asalkan dengan skala rendah.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih jeni-jenis olahraga yang ringan dan santai, seperti jogging, jalan santai, senam, dan sebagainya.

Agar tidak terlalu menguras tenaga, kamu bisa berolahraga di sore hari dengan durasi sekitar 15 menit sampai 20 menitan saja.

  1. Mencukupi Waktu Istirahat

Tak hanya mempengaruhi kesehatan, ternyata mencukupi waktu tidur juga cukup membantu dalam menambah berat badan lho.

Pasalnya, waktu istirahat yang cukup dapat meningkatkan massa otot sekaligus memaksimalkan pertumbuhan.

Pastikan kamu memiliki durasi tidur selama 7 sampai 9 jam perharinya ya.

  1. Berkonsultasi Dengan Ahli Gizi

Tips simple berikutnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan berat badan selama puasa, yakni berkonsultasi dengan ahli gizi.

Dengan cara ini, nantinya kamu akan mendapatkan saran yang lebih efektif dan tentunya menyehatkan.

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan berat badan selama puasa.

Ruangan komen telah ditutup.