Siswanto, S.Sos., M.Si, Apresiasi Pemerintah Desa Bukit Makmur yang Fokus pada Pembangunan Jalan Desa dan Program Prioritas Pemerintah Pusat

Kepahiang, beritaterbit.com – Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Siswanto, S.Sos., M.Si, mengapresiasi Pemerintah Desa Bukit Makmur yang telah menetapkan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2024 melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Pemerintah Desa Bukit Makmur bersama BPD dan perwakilan lembaga desa serta masyarakat sepakat untuk fokus pada program prioritas pemerintah pusat seperti BLT, ketahanan pangan, dan stunting, serta pembangunan jalan desa.

Kepala Desa Bukit Makmur, Suroso, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mukomuko yang telah mewujudkan impian masyarakat desa memiliki jalan hotmix sepanjang 8,4 KM. Namun, ia menambahkan bahwa Pemerintah Desa akan terus membangun jalan desa yang belum terbangun; sepanjang 410 meter rabat beton akan dibangun kembali pada tahun 2024.

Walaupun pembangunan gedung olahraga sudah menjadi prioritas dalam Musrenbangdes yang sebelumnya, rencana tersebut tidak dapat diwujudkan pada tahun 2024 karena regulasi penggunaan Dana Desa tidak memperbolehkannya.

Irwansyah, St., Pendamping Desa, mengungkapkan bahwa gedung olahraga belum menjadi prioritas pemerintah pusat, tetapi pemerintah desa dapat membangun sarana olahraga outdoor seperti lapangan sepak bola dan voli outdoor.

Kepala Desa Bukit Makmur menegaskan bahwa pemerintah desa akan berusaha mewujudkan impian masyarakat untuk memiliki gedung olahraga dengan menggunakan dana yang lain, selain Dana Desa.

“Kita akan usahakan walau tidak bisa pakai Dana Desa, kita akan coba gunakan dana yang lain. Yang penting dukung terus pemerintah Desa untuk selalu berinovasi mencari terobosan untuk bangun desa kita ini, dan juga tetap optimis semua akan indah pada waktunya,” jelas Suroso.

Apresiasi dari Kadis PMD Bengkulu ini diharapkan akan menjadi motivasi bagi Pemerintah Desa Bukit Makmur dan desa-desa lainnya untuk terus berupaya mewujudkan pembangunan desa yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.