Siswanto, S.Sos., M.Si Apresiasi Pemberdayaan Sektor Peternakan untuk Ketahanan Pangan di Desa Tanjung Jaya

Mukomuko, beritaterbit.com – Kadis PMD Provinsi Bengkulu, Siswanto, S.Sos., M.Si., mengapresiasi Pemerintah Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko yang telah melaksanakan program ketahanan pangan melalui sektor peternakan. Pemerintah desa membagikan hewan sapi kepada kelompok tani di wilayahnya.

Sepradanur, S.Sos, Camat Ipuh, menyampaikan bahwa program ketahanan pangan di desa ini sejalan dengan Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022. Peraturan tersebut mensyaratkan penggunaan dana desa untuk program ketahanan pangan dan hewani minimal 20% (dua puluh persen).

“Kebijakan ini perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan desa, lahan masyarakat, lahan yang telah mendapatkan ijin perhutanan sosial,” tegas Sepradanur.

Sepradanur juga menekankan pentingnya pendekatan pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan dana desa untuk program ketahanan pangan.

Hal ini bertujuan agar masyarakat desa memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Dana desa dapat mendukung kegiatan mulai dari produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, hingga pengolahan dan pemasaran.

Siswanto, Kadis PMD Provinsi Bengkulu, mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Tanjung Jaya yang telah berupaya meningkatkan ketahanan pangan melalui pemberdayaan sektor peternakan. Semoga program ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pengembangan sektor ketahanan pangan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.