Pemko Sawahlunto Terima Hibah Tanah 1,5 Ha dari KAN Kubang

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang menghibahkan tanah seluas 1,5 Ha kepada Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, yang diberikan langsung secara simbolis kepada Walikota Deri Asta SH.

Penandatanganan Surat Pernyataan Pelepasan Hak atas Tanah dari KAN Kubang kepada Pemko Sawahlunto tersebut dilaksanakan di Balaikota Sawahlunto, Kamis (16/03/2023), yang sekaligus juga dilakukan Penandatanganan Bersama Surat Pernyataan oleh Wako Deri Asta, Ketua KAN Kubang Afrizal Suki Lenggang Sati dan perwakilan Niniak Mamak dari enam suku yang ada di Kenagarian Kubang.

Afrizal Suki Lenggang Sati selaku Ketua KAN Kubang menyampaikan, tanah hibah seluas 1,5 hektar tersebut terletak di wilayah Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin.

“Kenagarian Kubang menghibahkan tanah ini kepada Pemko Sawahlunto agar dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas publik. Ini adalah langkah nyata Kenagarian Kubang dalam bersinergi bersama Pemko Sawahlunto untuk membangun kota,” kata Afrizal Suki Lenggang Sati.

Dijelaskan Afrizal Suki Lenggang Sati, untuk tanah diberikan secara hibah kepada Pemko sementara untuk tanaman di atas tanah dengan luas 1,5 hektar tersebut disepakati untuk dilakukan penggantian sesuai regulasi yang berlaku.

“Kami menyerahkan kepada Pemko untuk fasilitas publik apa yang akan dibangun pada tanah hibah tersebut. Namun tadi kami ada menyampaikan sejumlah usulan yang akan dikaji oleh Pemko apakah layak dan sesuai, kalau memang pas tentu nanti itu yang akan ditindaklanjuti,” ujar Afrizal Suki.

Adapun Pengulu yang menandatangani Surat Pernyataan Pelepasan Hak atas Tanah itu yakni Pengulu Suku Sipanjang Syamsir Datuak Rajo Batuah, Pangulu Suku Dalimo Alisman Datuak Maharajo Kayo dan Pangulu Suku Payobadar Asrul Datuak Pangulu Marajo.

Sementara untuk tiga suku lainnya, ditandatangani menyusul karena yang bersangkutan sedang berada di luar kota sehingga masih dalam perjalanan, namun pada intinya semua suku ini sudah setuju.

Sementara Wako Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus KAN maupun seluruh masyarakat Kenagarian Kubang yang telah bersedia menghibahkan tanah mereka untuk kepentingan umum yakni pembangunan Kota Sawahlunto.

“Kita mewakili seluruh masyarakat Sawahlunto menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Nagari Kubang. Kami sebagai Pemerintah Daerah diberi kepercayaan oleh Kenagarian Kubang untuk mengelola tanah yang dihibahkan ini demi kepentingan bersama seluruh masyarakat, kami berjanji menjaga amanah ini sebaik-baiknya,” kata Wali Kota.

Penulis: Maryati/Humas

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.