Masjid Al Amin Pulo Ara Geudong Teungoh Lanjutkan Buat 4 Buah Qubah

Bireuen, beritaterbit.com – Ketua pembangunan Masjid Al Amin Puloara Geudong Tengoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen,Mukhtar Yusuf yang akrab disapa Pak Tar Paratek menyebutkan bahwa saat ini pihaknya (Panitia) tengah eksis melanjutkan pembuatan empat buah Qubah namun agak membingungkan karena dana masih sangat kurang dari progam perencanaan yang membutuhkan kisaran Rp 2 miliar.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Umum Pembangunan Masjid Al Amin Pulo Ara Geudong Teungoh Kecamatan Kota Juang,Bireuen, Pak Tar Paratex Jumat, 17 Desember 2020 di Bireuen sekaligus menyampaikan sekilas sejarah Masjid Geudong Pulo Ara Geudong Teungoh Bireuen.

Pak Tar Paratex menyebut, empat qubah yang tengah dilanjutkan pembuatan dengan ukurannya satu qubah besar 10 x 10 meter dan 3 Qubah lainnya berukuran 2,5 x 2,5 meter dan ditaksirkan menghabiskan dana miliyaran rupiah sesuai perencanaan pembangunan.

Pun demikian pihak panitia terus eksis melanjutkan pembangunan sesuai dana yang sudah ada dan bertahap. Dalam kaitan tersebut kata Pak Tar Paratek,panitia sangat mengharapkan agar berbagai pihak membantu dana untuk cepatnya proses pembuatan lanjutan Masjid Al Amin. Masjid Al Amin Pulo Ara Geudong Teungoh yang berlokasi sangat strategis berdiri kokoh di tengah-tengah kota Bireuen Jalan Medan – Banda Aceh berdekatan dengan Pos Satlantas dan PT Telkom serta area terminal bus lama Bireuen.

“ Pembangunan Masjid Al Amin yang berlantai dua berukuran 30 x 20 meter dengan luasnya 600 meter bujur sangkar dibangun di atas sebidang tanah wakaf seluas 6.478 meter bujur sangkar adalah satu-satunya Masjid tertua di Kabupaten Bireuen yakni Masjid Kemukiman Geudong yang memang di kala itu masih belum pemekaran dan Pulo Ara Geudong Tengoh masih satu dusun Desa Geudong-Geudong.” Pungkasnya.

Sementara itu menurut Pak Tar Paratek prosesi lanjutan ketika dimulainya pembuatan Qubah Masjid Pulo Ara, tiga bulan lalu tepatnya Minggu, 13 September 2020 dipeusijuk (tepungtawar) sebagai sempena oleh Ulama lharismatik Tgk H Muhammad Ishaq yang akrab disapa Abon Cot Tarom.

Disebutkan, ketika dilakukan acara peusijuek oleh Abon, didampingi Ketua Panitia H Muchtar Yusuf serta turut dihadiri Imum Mukim Geudong Tgk Zulkifli, S Ag, Imum Chiek Masjid Al Amin, Imam Meunasah Pulo Ara, tokoh Agama, tokoh masyarakat setempat dan para pekerja pembangunan qubah.

Pak Tar Paratek menjawab media ini terkait dana pembangunan Masjid, murni dari swadaya masyarakat dan untuk menunjang kelancaran pembangunan empat buah qubah sangat diharapkan partisipasi kaum muslimin dan muslimat Bireuen dan seluruh elemen masyarakat termasuk masyarakat Aceh yang ada di luar daerah apalagi warga Pulo Ara Geudong Teungoh Bireuen.

“ Kami sangat membutuhkan bantuan keikhlasan dalam membangun rumah Allah yang saat ini terkendala untuk kelanjutan pembangunan empat buah qubah dan dapat dikirim langsung melalui rekening pembangunan Masjid Al Amin Nomor 660-01 – 99-0000 23-6 PT Bank BPD Capem Malikul Saleh ,” Pungkas Pak Tar Paratek seraya menyerahkan nomor HP/WA untuk dihubungi yaitu + 62811 672 759 dan +62852 6156 7545 . (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.