Disdikbud Bireuen Gelar Lomba Mewarnai Tingkat PAUD

Bireuen, beritaterbit.com – Dalam rangka mengembangkan kreativitas siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen melalui Bidang Kebudayaan menggelar lomba mewarnai tingkat PAUD se-Kabupaten Bireuen yang dibuka secara resmi oleh Pj Bunda PAUD Kabupaten Bireuen, Dr. dr. Nova Dian Lestari Sp.S(K).

Prosesi pembukaan kegiatan dilaksanakan di halaman Pendopo Bireuen, Sabtu 4 April 2024 dihadiri Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan Ph.D; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dailami, S.Hut. Kemudian Kepala Disdikbud Bireuen, Muslim, M.Si; Kabid Kebudayaan Muhammad Tasrief, SE., M.M, Guru pendamping, wali murid peserta dan undangan lainnya.

Dalam inti arahannya Pj Bunda PAUD Bireuen, Nova Dian Lestari mengatakan, Hari Pendidikan Nasional merupakan salah satu bentuk keistimewaan dalam rangka memperkuat semangat kita dalam meningkatan mutu pendidikan serta membangkitkan semangat belajar, kreativitas serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik.

Oleh sebab itu, momentum Hardiknas ini hadir dengan mengusung sejumlah makna salah satunya sebagai wahana untuk menjaga dan melestarikan seni budaya.

“Kita bersyukur bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen berinisiatif melaksanakan Festival Seni Tingkat Pelajar adalah selayaknya aktualisasi akumulasi pesan yang tiba dengan lembut dari masa lalu,” sebutnya.

Nova Dian Lestari mengharapkan dengan kegiatan ini menjadi media untuk mengembangkan kreativitas serta bakat siswa yang ada di sekolah.

“Saya mengapresiasi kepada Kepala Disdikbud Bireuen beserta jajarannya dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Festival Seni Tingkat Pelajar Tahun 2024 ini,” katanya.

Kepada seluruh peserta selamat bertanding dan semangat untuk menjadi pemenang dalam perlombaan Festival Seni Pelajar ini.

“Semua tangan yang terlibat dalam Festival Seni Pelajar ini, selayaknya racikan semangat yang memperindah aroma dan rasa, membentuk simfoni harmonis yang tak terlupakan,” ujar Nova Dian Lestari yang juga sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Bireuen.

Sebelumnya Kepala Disdikbud Bireuen, Muslim, M.Si melaporkan, Festival Seni Tingkat Pelajar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Selain itu bertujuan untuk mengaktualisasi kreativitas dalam meningkatkan minat, bakat dalam bidang non akademik melalui peran dan karya nyata.

Dikatakan, kegiatan Festival Seni Tingkat Pelajar ini diisi dengan aneka lomba seperti Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD diikuti dengan jumlah peserta 200 orang. Kemudian Lomba Cipta Puisi Tingkat SD dengan jumlah peserta 20 orang dan Lomba Rapa’i Tingkat SMP/Sederajat, SMA/Sederajat diikuti sebanyak 10 grup. Selanjutnya, Lomba Fotografi tingkat SMP, SMA sederajat dengan jumlah peserta sebanyak 69 orang.

Dijelaskan, kegiatan Lomba Lomba Mewarnai dan Lomba Rapa’i dilaksanakan di halaman Pendopo Bireuen, sementara Lomba Cipta Puisi di lantai II UPTD SDN 21 Bireuen.

Disebutkan Juara 1, 2 dan 3 masing-masing mata lomba diberikan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan.

“Pengumuman pemenang diumumkan pada malam puncak Festival Seni Pelajar Kabupaten Bireuen pada Sabtu malam (04/05/2024) sekira pukul 20:00 WIB di halaman Pendopo Bireuen sekaligus dilakukan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba,” jelas Kepala Disdikbud Bireuen.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.