Mahasiswa Umuslim Berakhir KKM Di Aceh Tengah

Aceh Tengah, Beritaterbit.com – Sebanyak 480 Orang Mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen, Aceh telah berakhir melaksanakan Kuliah Kerja Masyarakat (KKM) Angkatan XXIV di Aceh Tengah, Rabu 21 Februari 2024.

Mahasiswa Umuslim dari berbagai fakultas telah melaksanakan KKM Angkatan XXIV mulai 16 Januari 2024 dan telah berakhir dengan baik tanpa kendala apapun dan sukses ketika penutupan penjemputan kembali oleh Rektor Umuslim yang diwakili Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. drh. Zulfikar M.Si pada acara yang dilaksanakan di pekarangan Kantor Bupati Aceh Tengah, Takengon, Rabu 21 Februari 2024.

Mahasiswa KKM Angkatan XXIV Tahun 2024 ditempatkan di Kabupaten Aceh Tengah yang lebih dikenal Dataran Tinggi Gayo atau Negeri Diatas Awan pada 6 kecamatan yaitu Bintang di 10 Kampung, Kecamatan Bies 10 Kampung, Kecamatan Pegasing 10 Kampung, Kecamatan Bebesen 15 Kampung, Kebayakan 15 Kampung dan Lut Tawar 15 Kampung. Dan setiap kampung ditempatkan 6 mahasiswa dengan didampingi 16 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Pada acara sarasehan penjemputan mahasiswa KKM, hadir PJ Bupati Aceh Tengah diwakili Asisten Umum Setdakab Sukirman S. SSTP, M.EC, Dev, sejumlah Pejabat Setdakab Aceh Tengah, para Camat dari 6 kecamatan. Sementara Umuslim dihadiri Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, sejumlah Dekan, Plt Ketua LPMP Dr. Alfi Syahrin M.Pd, Ketua Koordinator KKM Drs. Syarkawi M.Ed, sejumlah DPL dan Sekretaris KKM.

Pada kesempatan tersebut, Dr. drh. Zulfikar M.Si berterima kasih kepada segenap Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Camat 6 Kecamatan dan 75 Reje Kampung yang telah menerima dengan baik para mahasiswa KKM selama 35 hari tinggal dikampung, kemudian melaksanakan kegiatan program mandiri dan kelompok dengan melibatkan unsur Pemerintah Kampung, PKK, para pemuda dan anak-anak. Atas kebaikan dan partisipasi Reje, kami mengucapkan rasa hormat dan ribuan terima kasih.

Dilain pihak Dr. drh. Zulfikar M.Si mengatakan, bila selama mahasiswa KKM tinggal di kampung mungkin ada kesalahan dan kekeliruan yang diperbuat di kampung maka atas nama Civitas Akademika kami mohon maaf. Semoga rajutan jalinan kasih akan terwujud dalam mempererat silaturrahmi Pemda Aceh Tengah dengan Umuslim akan lebih baik lagi.

Kemudian PJ Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Umum Setdakab Sukirman S.STP, M.EC, Dev menyampaikan penghargaan kepada Umuslim Peusangan karena telah mempercayakan Kabupaten Aceh Tengah sebagai lokasi KKM sejak tahun 2008 sampai sekarang.

Banyak ilmu dan aktifitas yang bermakna diberikan kepada warga kampung. Termasuk membuka WEB Desa, membuat nama jalan di kampung, mengajarkan anak-anak mengaji, mengenal komputer dan lain lain.

Kemudian setiap kampung di Aceh Tengah ada mahasiswa melanjutkan dan mengikuti kuliah di Umuslim. Jadi begitu baik sudah terjalin hubungan antara Pemda Aceh Tengah dengan Umuslim. Dan berharap kedepan agar Umuslim tetap mengirimkan mahasiswa KKM ke Aceh Tengah.

Pada bagian akhir pertemuan dimana Warek 3 Umuslim Dr. drh. Zulfikar M.Si menyerahkan Plakat Umuslim yang diterima Asisten Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman S.STTP, M EC, Dev.

Sementara mahasiswa KKM dengan menggunakan 12 bus penjemputan siap berangkat kembali ke Kampus Almuslim. Dan terlihat rasa haru dan sedih antara mahasiswa KKM dengan para keluarga Reje kampung yang melepaskan keberangkatan.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.