Kapolres Gayo Lues Bersama Kasiwas Kembali Cek Kondisi Sel dan Tahanan

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Hari Selasa tanggal 03 Januari 2023 pastikan tahanan lengkap dan sehat, Kapolres Gayo Lues Polda Aceh AKBP Efrianza SIK bersama Kasiwas Polres Gayo Lues AKP Muhammad Ali melakukan pemeriksaan ruangan tahanan Polres Gayo Lues guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam rangka antisipasi kemungkinan buruk terjadi pada penghuni tahanan, selain melakukan pemeriksaan ruangan tahanan, pemeriksaan meliputi barang-barang tahanan seperti gembok serta jeruji sekeliling ruangan tahanan.

Hal itu dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya aksi percobaan melarikan diri oleh tahanan.

Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza SIK melalui Kasi Humas AKP Zulfikar SH mengatakan, pengecekan dalam ruang tahanan wajib dilaksanakan oleh setiap petugas jaga tahanan saat menjalankan tugasnya.

“Tahanan merupakan atensi dari Pimpinan, untuk itu kami selalu ingatkan kepada piket jaga tahanan untuk jam-jam rawan agar rutin untuk mengecek tahanan baik pagi, siang, sore maupun malam ataupun pada saat akan melaksanakan pergantian tugas piket,” ujar Kapolres.

Pengecekan ruang tahanan tersebut dilakukan dengan tujuan selain mengecek jumlah tahanan, mengecek kesehatan tahanan juga mengecek barang-barang yang berada di dalam ruang tahanan.

“Khususnya di hari libur, cek dan kontrol harus lebih sering dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ucap AKP Zulfikar SH.

Pengecekan dilaksanakan secara langsung di ruang tahanan dengan mengecek secara keseluruhan kondisi ruang tahanan. Dalam kegiatan pengecekan  kepada penghuni tahanan, Kapolres menanyakan tentang kondisi dan keadaan para tahanan.

Pengecekan tahanan ini dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi penghuni tahanan dan memeriksa kemungkinan kepemilikan barang-barang berbahaya. “Jika ada barang-barang yang bisa membahayakan jiwa para tahanan atau barang-barang yang bisa dipergunakan oleh tahanan sebagai sarana untuk kabur atau melarikan diri dari ruang tahanan, maka barang-barang tersebut langsung kami amankan, kemudian buku mutasi di isi sesuai dengan situasinya,” ujarnya.

Kapolres juga menghimbau petugas jaga tahanan dari Sat Tahti untuk petugas yang jaga tahanan agar selalu siap dan waspada, untuk petugas yang akan beristirahat saat malam agar bergantian. (jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.