Dinkes Kabupaten Gayo Lues Didampingi Inspektorat Kabupaten Gayo Lues Periksa Ambulance Seluruh Kecamatan

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Dari berita semalam terkait ambulance tidak ada di Puskesmas Pining, Riadussalihin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues hadirkan seluruh mobil ambulance dari setiap kecamatan guna untuk memeriksa kondisi kesehatan mobil ambulance.

Pemeriksaan ini berlangsung beberapa jam di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues. Dalam pemeriksaan banyak kendaraan yang kurang sehat, ada yang rusak ringan dan ada yang rusak berat, dimana dua mobil ambulance rusak berat dari Kecamatan Pining yaitu jenis mobil Mazda dan APV, Kamis (29/02/2024).

Driver ambulance tersebut juga mengatakan keluhannya terhadap kerusakan yang sering dia alami yaitu injektor pada mobil ambulance Mazda baru diperbaiki tiga bulan lalu sudah rusak kembali, sebutnya.

Menurut keterangan Riadussalihi, kedua mobil yang rusak berat itu akan diserahkan ke aset guna untuk dilelang, “Namun mobil Mazda pengadaan di tahun 2016 dan APV tahun 2010 jenis mobil yang sama dan tahun pengadaan yang sama ada yang masih bagus,” sebutnya.

Untuk mobil ambulance di Puskesmas Pining lagi pengajuan ke Kementerian Kesehatan. Sementara untuk kekosongan ambulance di Puskesmas Pining sudah disiapkan 1 ambulance dari Puskesmas Uring yang akan beroperasi di Puskesmas Pining.

“Kemudian seluruh mobil ambulance yang ada di puskesmas setiap kecamatan di Kabupaten Gayo Lues setiap tahunnya ada biaya perawatan mulai dari 15 juta sampai 20 juta,” pungkasnya.

Pertanyaannya kenapa bisa kondisi mobil seperti ini? Riadussalihin juga mengatakan kepada driver ambulance yang hadir di Dinkes, “Mobil ambulans tidak bisa dibawa kenduri atau keperluan pribadi, tolong dibilang kepada Kapusnya masing-masing”.

Dan untuk dokter di Pining tunggu SK, PPPK yang baru ini baru bisa aktif di Puskesmaa Pining ada tiga dokter yang lulus PPPK di Kecamatan Pining, tutupnya.

Siti Sahrah SE., AK petugas fungsional madya pada Inspektorat Kabupaten Gayo Lues ikut serta dalam pemeriksaan mobil ambulance di lapangan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues. Ia juga mengatakan ada kejanggalan yang ia lihat dalam pemeriksaan ini, namun tidak lanjutannya hanya kepala inspektorat yang bisa memutuskan, tutupnya.

Penulis: Junaidi

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.