Keluarga Pasien Keluhkan Pelayanan Rumah Sakit Umum Muhammad Ali Kasim (RSUMA) Gayo Lues Hingga Renggut Nyawa Pasien

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Pihak keluarga pasien yang menuntut keadilan RSUMAK Gayo, Keluarga bapak Auria didampingi istri Satumah dan anak sulung Satudin Basofy S.E beserta keluarga yang menjenguk anaknya di RSUMAK Gayo pada hari Minggu (7/4/2024) mereka melihat kurangnya pelayanan di RSUMAK Gayo, Selasa (9/4/2024).

Satudin Basofy S.E salah satu anggota LSM PKN Gayo Lues mengatakan, kami sangat mengeluhkan pelayanan yang tidak memiliki standar operasional dalam bekerja dan hal itu dilihat dan dirasakan secara langsung.

“Pelayanan yang diberikan kepada pasien atas nama Ansharullah Wery salah satu mahasiswa USK Gayo Lues yang pada saat itu dalam keadaan darurat (Sekarat), dokter maupun perawat bersikap acuh tak acuh dan melimpahkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan oleh dokter/perawat kepada pihak keluarga saya,” sebutnya.

Saudara saya an. Ansharullah Wery yang seharusnya ditangani secara intensif ke ruang ICU dikarenakan keadaan saudara saya dalam keadaan sekarat, yang sebelumnya pihak keluarga saya sudah memohon kepada dokter yang bertanggung jawab dan perawat yang bertugas namun tidak ditangani langsung. Perawat berdalih ruang ICU penuh, setelah kami cek langsung ternyata ruang ICU kosong tanpa pasien sedangkan saudara saya dalam keadaan sekarat.

Satudin Basofy S.E salah satu anggota LSM PKN Gayo Lues juga menambahkan, “Kalaupun tidak ada yang menangani saudara saya, saya dan ayah saya mengambil inisiatif untuk melaporkan kepada pihak perawat agar mengambil tindakan secara cepat. Namun pihak perawat RSUMAK bersikap seolah tidak responsif sehingga saudara saya meninggal dunia,” ujarnya.

Kami sangat menyesalkan hal ini karena sebelumnya kami sudah meminta tolong kepada pihak RSUMAK bahkan memohon belas kasihan untuk ditangani namun mereka tidak responsif dalam hal yang katanya salah satu visi UPK (Unit Pelayanan Kesehatan) memenuhi sarana prasarana dan alat kesehatan sesuai dengan standar.

“Kami berharap kejadian yang menimpa saudara saya, pihak Pj. Bupati Gayo selaku pimpinan daerah lebih memperhatikan dan tegas dalam hal pelayanan kesehatan di Gayo Lues khususnya di RSUMAK Gayo Lues,” tutupnya.

Penulis: Junaidi

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.