Hari Lembaga Sosial Desa, Kadis PMD: Desa Adalah Taman Sari Kearifan Lokal Nusantara

Bengkulu, beritaterbit.com – Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) diperingati pada tanggal 5 Mei setiap tahunnya. LSD atau Lembaga Sosial Desa adalah suatu lembaga masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat dan dengan bimbingan dari pemerintah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu R.A Denni, mengatakan peringatan Hari LSD setiap 5 Mei ini, agar mengingatkan masyarakat Indonesia akan peran penting lembaga yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa,” kata Kadis R.A Denni.

Dia pun mengutip ulang pernyataan Bung Karno yang mengingatkan bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara.

“Kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada pemberdayaan desa,” pungkas Denni.

Selain itu melalui peningkatan di beberapa aspek, Kadis PMD berharap potensi daerah dapat dioptimalkan serta mampu mendorong penambahan jumlah desa wisata di Provinsi Bengkulu.

“Sudah ada contoh-contoh bagus dari sisi pembangunan desa wisata, ekonomi kreatif, UMKM, terus ada sukses dari sisi inklusivitas keuangan termasuk literasinya,” ujar Kadis R.A Denni.

Peningkatan desa wisata juga diharapkan diimbangi dengan peningkatan UMKM yang merupakan salah satu sektor unggulan ekonomi masyarakat.

“Maka ini kita harapkan menjadi satu indikator bahwa di usaha kecil menengah, terus kemudian desa wisata atau usaha lain, bisa di gas pol dengan mandiri, ” ujar Denni.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.