Dinas PMD Provinsi Bengkulu Dorong Pemkab Persiapkan Anugrah Desa Wisata 2023

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu terus mendorong Pemerintah daerah kabupaten untuk mempersiapkan dan melakukan persiapan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dikatakan Kadis PMD R.A Denni, ada 3 desa di Kabupaten Rejang Lebong yakni Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, dan Desa Dusun Sawah, Kecamatan Curup Utara yang akan mengikuti penilaian ADWI 2023.

“Persiapan yang dilakukan baik berupa potensi wisata unggulan dan ekonomi kreatif serta kelembagaan desa wisata,” ujar Kadis R.A Denni, Minggu (12/3).

Untuk membantu tiga desa wisata ini, pihaknya akan melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga masing-masing desa wisata bisa mempersiapkan segala potensi yang ada agar nantinya menjadi nilai tambah.

Menurut dia, ketiga desa ini sebelumnya sudah mengikuti penilaian ADWI pada 2022, di mana untuk Desa Belitar Seberang berhasil masuk 50 besar nasional dan tahun ini mereka ikut lagi dengan target yang lebih tinggi lagi.

“Sedangkan untuk Desa Sumber Urip tahun lalu berhasil masuk ke 100 besar dan untuk Desa Dusun Sawah masuk di 300 besar tingkat nasional,” terangnya.

Potensi unggulan tiga desa wisata di Rejang Lebong ini, tambah dia, di antaranya Desa Belitar Seberang memiliki Air Terjun Tri Sakti, Desa Sumber Urip memiliki Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Api Bukit Kaba, dan Desa Dusun Curup memiliki potensi wisata alam Bukit Basah.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.