Desa Wisata Rindu Hati Bengkulu Tengah Dengan 11 Jenis Wisata

Bengkulu Tengah, beritaterbit.com – Walaupun objek wisata sudah menjamur di seluruh daerah di Provinsi Bengkulu tidak membuat surut ataupun patah semangat bagi masyarakat Desa Rindu Hati untuk terus mengelola objek wisata yang ada di desanya. BUMDes sebagai Pengelola objek wisata Desa Rindu Hati selalu berbenah untuk meningkatkan fasilitas dan daya tarik agar siap bersaing dengan wisata-wisata dari daerah lain.

Desa ini memiliki 11 jenis wisata yang unik dan jarang ditemukan khususnya di Provinsi Bengkulu diantaranya Glamping, Air terjun, camping Ground, Tubing, Rock climbing, Persawahan, Telaga putri, Batu kapal, Air terjun Supit, Pemakaman Tuanku Gagok dan Raja Pembesar Alam, dan Rumah Besar Minang.

Desa Rindu Hati saat ini telah menjadi Desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Taba penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, jarak dari ibukota provinsi sekitar 30 km, waktu tempuh kurang lebih 40 menit, di desa wisata Rindu Hati masyarakat bisa menjumpai kearifan lokal masyarakat desa suku Minang yang ada di tanah Rejang.

Dengan berjalannya waktu desa wisata Rindu Hati mulai berbenah sesuai dengan kebutuhan zaman. Ada beberapa atraksi yang disajikan untuk pengunjung, salah satunya Glamping (glamour camping) dan disediakan juga lokasi untuk camping ground, berikutnya permainan tubing, tracking menuju air terjun.

Desa-desa di Provinsi Bengkulu, kini mulai melakukan pengembangan wisata sesuai potensi yang mereka miliki. Bahkan Desa Rindu Hati ikut didaftarkan untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI 2022) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Tak Hanya Desa Wisata Rindu Hati Provinsi Bengkulu juga mendaftarkan beberapa desa wisata di Bumi Rafflesia.

Objek Wisata Desa Rindu Hati mempunyai daya tarik tersendiri dari wisata dari daerah lain terbukti dengan masih banyaknya para wisatawan memanfaatkan hari liburnya bersama keluarga ke wisata Glamping Desa Rindu Hati karena suasana Wisata Glamping Rindu Hati yang masih asri dan alami serta jaraknya yang dekat dari pusat kota Bengkulu.

Wisata Glamping Desa Rindu Hati di tahun 2022 ini menyajikan berbagai fasilitas dan tempat-tempat yang sangat menarik bagi wisatawan, diantaranya Tugu Batu Kapal yang penuh sejarah dan telah tersedia juga kantin-kantin makanan sehingga pengunjung tidak perlu kawatir lagi akan persediaan makanan, aliran sungai yang sejuk dan jernih akan memanjakan pengunjung yang sedang mandi di sungai, keseruan olahraga Tubing yang dapat memacu adrenalin.

Tracking Air Terjun Cuup Jen merupakan salah satu atraksi Desa Wisata Rinduhati, dimana perjalanan menuju air terjun cuup jen melewati wilayah perkampungan, perkebunan, sawah masyarakat, jarak tracking dari pos pokdarwis menuju ke air terjun kurang lebih 1,5 KM dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dengan akses jalur yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki dan di pandu bersama anggota pokdarwis yang sudah terlatih.

Sementara itu, Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales SH.MH mengatakan sangat mengapresiasi desa-desa di Bengkulu yang mulai mengembangkan sektor wisata sebagai sumber pendapatan desa dan masyarakatnya. Tak sedikit desa-desa di sejumlah kabupaten membangun spot-spot wisata, wahana wisata keluarga, hingga taman-taman nyentrik. Pengelolaan wisata alam oleh masyarakat desa juga memperhatikan ekosistem alam.

“Meskipun Pengelola desa wisata Rindu Hati yang belum beruntung masuk 100 besar, tidak perlu berkecil hati karena masuk 500 besar saja sudah luar biasa karena menunjukkan ada potensi yang bisa dikembangkan ke depan, dan juga menjadi ajang Promosi ke Nasional bahkan Internasional tentu ini akan berdampak kepada jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang,” tutupnya. (R)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.