2009 Formasi ASN dan P3K Tersedia di Pemkab Benteng, Sekda Rachmat Imbau Calon Peserta Matangkan Persiapan Diri

Bengkulu Tengah, beritaterbit.com – Kabar gembira untuk seluruh masyarakat Bengkulu Tengah, bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah telah membuka 2009 formasi untuk ASN dan tenaga P3K tahun anggaran 2024. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Drs. Rachmat Riyanto di ruang kerjanya, Kamis 21 Maret 2024.

“Alhamdulillah permintaan kita disetujui oleh Menpan RB melalui surat resmi, ada 2009 formasi untuk penerimaan PNS dalam hal ini ASN dan P3K, detailnya itu sekitar 1.700 untuk P3K dan 309 untuk ASN,” buka Rachmat.

Dalam rangka itu, lanjutnya, kita minta seluruh calon peserta baik itu P3K maupun ASN, untuk mempersiapkan diri yaitu penuhi semua persyaratan administrasi yang diperlukan seperti P3K itu 3 tahun berturut tidak terputus dan untuk ASN itu ada jenjang kualifikasi pendidikan sesuai dengan kebutuhan formasi yang sedang digodok sekarang.

“Jadi 2009 formasi itu adalah jumlah keseluruhan, nanti dari jumlah itu dibagi dua ada yang namanya ASN dan P3K, dan nanti yang P3K akan dibagi lagi, misal untuk cleaning service berapa dan lain sebagainya dan itu sedang kita susun sekarang, kemudian yang ASN pun demikian,” sambungnya.

Masih dalam keterangannya, Rachmat menjelaskan bahwa sekarang pihaknya sedang menyiapkan formasi detailnya sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing OPD dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Untuk masa pengabdian yang lebih atau kurang dari 10 tahun itu kata kuncinya sama, yaitu tiga tahun berturut tidak terputus, walaupun dia misalnya mulai tahun 2015 sudah menjadi honorer ataupun tenaga PTT kemudian sekarang kan sudah 2024 berarti kan sudah 9 tahun, kalau dia selama 9 tahun itu tidak terputus maka dia berhak ikut. Untuk contoh lain, misal sudah honor dari 2015 kemudian dia 2021 berhenti dan 2022 nyambung lagi, maka bisa dipastikan itu tidak bisa karena secara persyaratan tidak memenuhi,” jelasnya.

Untuk pendaftarannya, Rachmat menyampaikan sedang dipersiapkan saat ini secara detailnya, dan nanti jika sudah maka akan menunggu petunjuk dari pusat kapan nanti waktunya, karena mereka yang akan atur jadwalnya dengan semua tahapan-tahapannya.

Kepada seluruh calon peserta P3K maupun ASN yang ikut formasi 2009, Rachmat memberikan imbauan agar percaya pada kemampuan diri sendiri dan tidak membuka celah untuk orang lain masuk dan terlibat.

“Pertama untuk tidak mempercayai siapapun yang mengatasnamakan pemerintah daerah maupun pejabat dalam lingkungan pemerintah daerah ini yang menyatakan mampu menolong peserta. Saya tekankan agar semua peserta dapat mempersiapkan diri masing-masing, karena yang bisa menolong hanyalah diri kita, dan saya sampaikan jika belum bisa menggunakan laptop maka belajarlah dari sekarang supaya nanti tidak bingung pada saat tes CAT-nya. Kemudian perdalam ilmunya, tentu akan ada ilmu pengetahuan umum yang akan di tes dan kita ingin proses penerimaan formasi ini berlangsung dengan transparan, baik dan sesuai kemampuan diri sendiri,” tutupnya.

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.