BUMDes Paniai Sedang Menandatangani Buku Tabungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Paniai, beritaterbit.com – 19 September 2023 Syarat Buka Rekening BUMDES Menurut Bendara Pengurus Mewakili 216 Kampung, 24 Distrik Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Opias Gobai, S.Ak Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDESA), adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Jelasnya.

Sambung, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa, pungkasnya Gobai.

Pendirian BUM Desa bertujuan untuk:
a. meningkatkan perekonomian Desa;
b. mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa;
c. meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa;
d. mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga;
e. menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga;
f. membuka lapangan kerja;
g. meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan
h. meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa.

Mikael Kayame, Selaku Penguni Sekertariat Jl. Poros Kampung Kogekotu, Kec Paniai Timur, apa saja syarat untuk membuka buku rekening Bumdes di Bank? berdasarkan pengalaman penulis saat membuka rekening di Bank BRI (syarat mungkin berbeda untuk setiap bank) syarat yang diminta adalah sebagai berikut:

Surat Permohonan Buka Rekening
Surat Kuasa (Untuk membuat ATM)
Foto Kopi KTP Ketua Pengurus & Bendarah
NPWP BUM Desa
Stempel BUM Desa
Akte Pendirian/SK.

Demikian syarat membuka rekening BUM DESA yang wajib sobat desa persiapkan, semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga syarat membuat NPWP BUMDESA, tutupnya Kayame.

Pewarta: Jeri P Degei

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.