Mahasiswa KKN PPM Unimal Budidaya Cabai Merah

Lhokseumawe,Aceh, Beritaterbit.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) dari Universitas Malikulsaleh (Unimal) Lhokseumawe membudiyakan Cabai Merah bersama masyarakat di Desa tempat pengabdiannya.

Informasi yang media ini peroleh dari sosok remaja berkompetensi di Lhokseumawe, M Zaki Mubarak Kamis 18 November 2021 menyebut, mahasiswa KKN PPM kelompok 245 Unimal turut serta dalam proses pembudidayaan Cabai Merah.

Mareka membudiayakan Cabai Merah di Desa Blang Naleung Mameh Dusun Rancong Baroe Kecamatan Muara Satu Lhokseumawe.

Salah seorang Mahasiswa anggota kelompok 245 kepada media ini mengatakan bahwa mereka bersama masyarakat membudiyakan Cabai Merah jenis bibit King Chili yang biasanya panen jangka waktu 2 bulan 20 hari ( 80 hari) sejak masa tanam.

 


Selain itu kata Dara Fahira, proses pembibitan Cabai Merah itu dalam jangka waktu 20 – 25 hari dengan memakai jenis pupuk urea dan NPK mutiara.

“ Dengan membudiayakan Cabai Merah seluas seribu meter hasilnya bisa mencapai 800 Kg sampai 1 ton.” Sebut Dara Fahira pengalamannya memantau para petani Cabai Merah .

Dosen Pembimbing lapangan (DPL), Trisfayani mengakui kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN PPM sangat bermanfaat karena selain mengeratkan rajutan silaturrahmi bersama masyarakat juga dapat menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan dalam proses pembudidayaan Cabai Merah.

Trisfayani menambahkan, dalam prosesi pembudiyaan Cabai Merah itu bibitnya harus diseleksi dan dengan prosesnya 20-25 hari baru dipindahkan ke lahan penanaman yang lebih besar.

Menjawab media ini Trisfayani menyebut mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 245 berasal dari berbagai Prodi di Universitas Malikul Saleh di antaranya Prodi Manajemen, Sosiologi, Aqua Kultur, Kelautan.

Sementara anggotanya Chairul Azman, Azhari,Said Abdillah, Risma Yuliza dan Widya Ningrum, Riska Amanda, Dara Fahira, Ulya Yustika,Amni Dayani. Dan dari Aqua Kultur Reslina Tumangger. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.