Tadarus Alquran PD IPQAH Bireuen Lancar Dan Sukses di Bulan Ramadhan

Bireuen, beritaterbit.com – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu tunggu kedatangannya oleh umat Islam se dunia karena terdapat banyak kebaikan di dalamnya. Tak ayal banyak umat Muslim di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk mencari kebaikan di bulan Ramadhan tak terkecuali di Aceh umumnya dan kususnya Kabupaten Bireuen.

Salah satu amal kebaikan di bulan Ramadhan yang banyak dijalankan seorang Muslim adalah dengan Tadarus Al Quran baik itu di Masjid, Meunasah, Mushalla maupun di Balai – Balai Pengajian maupun Pesantren Pesantren dan tidak terkecuali Pelaksanaan Literasi Tadarus yang dilaksanakan PD IPQAH Kabupaten Bireuen Indonesia di 4 titik di Kawasan Bireuen lancar dan sukses.

Tgk H Jufliwan M Ali,SH,MM kepada wartawan media ini H Suherman Amin barusan menyebut, Alhamdulillah Wasyukurillah, Pelaksanaan Literasi Tadarus Al Qur-an Ramadhan oleh PD IPQAH Kabupaten Bireuen dengan 4 Titik lokasi yaitu Masjid Agung Sulthan Jeumpa, Bale meuligoe Bupati Bireuen, Mns. Kota Bandar Bireuen, Mns. Kulah Batee Pasar Sabtu Bireuen seusai Tarawih berjalan lancar dan sukses.

“ Alhamdulillah Gaung suara Tadarus Al Quran bergema ke seantero pelosok dari alunan suara para tadarus yang dilantunkan PD IPQAH di empat titik pelaksanaan di Bireuen.” Sebut Bapak Haji Jufliwan seraya menyebutkan, Pelaksanaan Tadarus Al qur’an atau kegiatan membaca Al quran secara bersama memiliki banyak keuntungan. Selain dapat menambah pahala yang berlipat ganda, juga mampu menentramkan jiwa.

Di bulan Ramadan ini katanya, pahala seorang muslim yang melakukan ibadah akan berlipat ganda. Oleh karenanya, melakukan kegiatan yang berkaitan dengan ibadah sangat dianjurkan salah satu kegiatan adalah tadarus Alquran. Selain dapat memperbanyak pahala, membaca ayat suci alquran secara bersama sama juga memberikan banyak manfaat.

Menurut penjelasannya manfaat tadarus Alquran di bulan Ramadhan ada beberapa keutamaan antara lain :
Pahala yang Berlipat Ganda . Pada bulan puasa, semua amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya, termasuk tadarus Alquran. bHal tersebut Seperti yang diriwayatkan oleh Iman At-Tarmizi dalam hadis Rasulullah SAW, dengan membaca satu huruf saja Alquran, maka Allah SWT akan melipatgandakan pahala kita dengan 10 kebajikan. Dan alhamdulillah dengan tadarus Alquran secara rutin selama bulan Ramadan, kita akan mendapatkan banyak pahala .

Menjalin Silaturahmi. Manfaat lainnya yang bisa kita rasakan adalah menjalin silaturahmi yang mungkin terputus karena kesibukan masing-masing. Dengan Tadarus Alquran pada bulan puasa bisa dilakukan bersama-sama di masjid atau musala. Hal ini dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan sesama muslim lainnya. Menjalin hubungan kebersamaan yang erat merupakan satu kesatuan dan persatuan yang kokoh

Menghindari Gibah (Menggunjing orang lain) . Dengan datang ke Masjid atau Musalla untuk tadarus Alquran, kita juga bisa terhindar dari perbuatan dosa seperti gibah. Seringkali kita melakukan gibah bersama teman di waktu luang. Nah, dengan meniatkan diri untuk tadarus Alquran di Masjid atau Musalla kita bisa menghindari gibah dan perbuatan merugikan lainnya.

Mendapatkan Ilmu Pengetahuan- Manfaat tadarus Alquran lainnya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Alquran. Kita juga bisa belajar untuk membaca Alquran dan memahami artinya lebih baik dari sebelumnya. Dengan tadarus Alquran, kita bisa belajar dan memahami lebih baik lagi tentang isi Alquran.

Dari Usman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya orang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Penolong di Hari Akhir. Alquran dapat menjadi penolong di akhirat ( hari akhir) nanti. Rasulullah bersabda “Bacalah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya nanti di hari Kiamat nanti.” (HR. Muslim) . Oleh karena itu, dengan tadarus Alquran di bulan Ramadan, kita bisa mendapat jaminan penolong di hari akhir kelak (akhirat).

Mendapatkan Ketenangan. Membaca Alquran dapat menjadi penenang bagi pembaca dan pendengarnya. Menenangkan hati dan pikiran, serta cinta kepada Allah SWT, Rasulullah, dan para malaikat menjadi lebih kuat.

Menghindari dari Berbagai Penyakit. Manfaat membaca Alquran secara rutin Allah SWT akan melindungi kita dari berbagi macam penyakit.

Nah dengan sejumlah manfaat tadarus Alquran di bulan Ramadhan, tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga menentramkan jiwa dan juga hati dan pikiran. Mari …… marilah para remaja berlomba-lomba Tadarus Al Quran di bulan Ramadhan ini. Amin…Amin Ya Allah. ***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.