Tanah Datar, Kabupaten Pertama di Sumbar Raih WTP 12 Kali Tak Terputus

Tanah Datar, beritaterbit.com – Luar biasa, Kabupaten Tanah Datar menjadi Kabupaten Pertama dan satu-satunya Kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) yang meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Opini WTP) 12 kali berturut-turut tak terputus.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tanah Datar tahun 2023 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat, Kamis siang (25/04) di kantor BPK Perwakilan Sumbar.

LPH atas LKPD Kabupaten Tanah Datar tahun 2023 diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar Arif Agus kepada Bupati Eka Putra.

Arif Agus Husein menyerahkan LPH LKPD tersebut membenarkan, Tanah Datar merupakan kabupaten yang pertama dan satu-satunya di Sumatera Barat yang mendapat Opini WTP tak terputus 12 kali berturut-turut.

“Dari hasil pemeriksaan Tim BPK kami sampaikan bahwa Kabupaten Tanah Datar mendapat poin 85 dan itu sudah yang paling tinggi di Sumatera Barat. Dan target kami angka 85 ini,” ujarnya.

“Harapan kami tentunya agar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tidak berpuas diri sampai di sini, namun bisa lebih ditingkatkan lagi karena masih ada sekitar 15% capaian yang harus dikejar,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Arif Agus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan DPRD Tanah Datar yang telah membantu tugas-tugas BPK dalam menyelesaikan Laporan Keuangan yang tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sumbar yang telah menyerahkan LPH LKPD Tanah Datar untuk Kabupaten yang pertama di Sumatera barat.

“Ini merupakan suatu kehormatan kebanggaan bagi kami dan hasilnya juga opini WTP. Alhamdulillah untuk Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat WTP yang ke-12 kali berturut-turut rekor ini masih kami pegang. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah bersama DPRD serius dan selalu siap bekerja sama dengan BPK RI dan DPRD juga selalu mengawasi penggunaan keuangan Daerah termasuk internal kami sendiri,” ujar Anton Yondra.

Selaku Pimpinan DPRD, Anton Yondra katakan bahwa DPRD Tanah Datar tegas dalam aturan penggunaan anggaran di DPRD.

“Jika ingin lebih baik Pemda-nya baik begitu juga DPRD- nya, karena ini harus sejalan,” pungkasnya.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka putra usai menerima LPH LKPD tersebut mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Syukur yang tak terhingga, Alhamdulillah tanah datar kembali menerima WTP dan ini sudah yang ke-12 kalinya berturut-turut. Terima kasih kepada segenap pimpinan BPK Perwakilan Sumbar dan Tim Audit yang telah melakukan pemeriksaan LKPD Kabupaten Tanah Datar,” sampainya.

“Untuk pemeriksaan BPK terkait permintaan data kami akan segera tindaklanjuti dan kami siap mendukung kinerja BPK. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada segenap Pimpinan DPRD dan Anggota sebagai mitra kerja yang selalu melakukan pengawasan, Sekretaris Daerah (Sekda) beserta jajaran dan OPD yang telah bekerja keras mewujudkan opini WTP ini serta masyarakat yang telah mendukung berbagai program Pemerintah Daerah,” ujar Eka Putra.

Eka Putra bertekad di tahun ini Tanah Datar sebagai Kabupaten tercepat tahun depan tercepat dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Turut mendampingi Bupati Eka Putra pada saat menerima LPH LKPD tersebut Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Jasrinaldi, Inspektur Desi Rima, Kepala BPKD Helfi Rahmi Harun, Sekretaris Dewan Yuhardi, Kaban Kesbangpol Herison dan beberapa Pejabat Daerah lainnya. (adv)

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.