Siswa SMKN 3 Sinabang Tampilkan Seni Nandong di Pentas Seni dan Budaya

SINABANG, beritaterbit.com – Siswa SMKN 3 Sinabang, Simeulue, Aceh, menampilkan Nandong Remaja pada ajang Pentas Seni dan Budaya Simeulue tahun 2022, Sabtu (11/6/2022) malam. Even budaya ini dihelat Himpunan Jasa Hiburan Rakyat Simeulue (Hipjasi) di Kota Sinabang.

Pentas seni dan budaya Kabupaten Simeulue diisi dengan berbagai penampilan seperti tari-tarian, gitar solo, vocal solo, vocal grup, rebana, penampilan band, dan nandong remaja.

Kepala SMK 3 Sinabang, Safdar SR, dengan bangga mengatakan, sekolah yang dipimpinnya menjadi satu-satunya sekolah yang menampilkan Nandong Remaja pada acara tersebut.

Para siswa yang memainkan kesenian khas Simeulue itu, kata Safdar, menampilkannya dengan iringan gendang dan rapa-i (alat musik khas Aceh). “Mereka memadukannya dengan alat musik tak-tok tradisional yang terbuat dari bambu,” ujarnya.

Safdar menjelaskan, nandong yang dimainkan para siswanya mengangkat tema “Budayanta Bersamo”. Iringan tak-tok bambu pasir, sambungnya, menimbulkan harmonisasi irama nandong yang khas. “Apa lagi ketika diiringi penampilan silat gelombang, penampilan nandong menjadi sangat menarik,” kata dia.

Menurut kepsek ini, ia memilih penampilan nandong karena ingin melestarikan budaya Simeulue. “Sambil memberi ruang berkreativitas, anak-anak akan mencintai budayanya,” ujar Safdar.

Atas keberhasilan para siswa tampil pada Pentas Seni bergensi di kabupaten, Safdar menyampaikan apresiasi kepada Nelly Agustina, guru yang telah membimbing anak-anak.

Wakil Bupati Simeulue, Afridawati, yang hadir ke lokasi pada malam tersebut menyampaikan penghargaan kepada Hipjasih dan panitia pelaksana yang telah sukses menyelenggaraan kegiatan pentas seni dan budaya tersebut.

Ia berharap kagiatan serupa dapat terlaksana lebih meriah pada masa-masa mendatang. “Sehingga bisa menjadi daya tarik wisata di samping untuk menjaga kelestarian seni dan budaya Simeulue,” ujar Wabup. (AK99)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.