Ratusan Siswa SMA dan SMK Kabupaten Simeulue Lulus SBMPTN 2022

Sinabang, beritaterbit.com – Sebanyak 229 orang siswa lulusan SMA/SMK dari Kabupaten Simeulue yang merupakan daerah kepulauan di Provinsi Aceh itu dinyatakan lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Secara keseluruhan sebanyak 6.300 orang siswa Aceh lulus SBMPTN diberbagai universitas di Indonesia dan menempatkan Provinsi Aceh peringkat ke-delapan nasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, hal itu berdasarkan pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) yang menempatkan Provinsi Aceh di posisi kedelapan nasional lulus UTBK jalur SBMPTN.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum LTMPT, Prof Mochamad Anshari dalam konferensi pers ditayangkan secara live di Kanal Youtube resmi LTMPT di gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Jakarta. Kamis 23 Juni 2022 yang lalu.

Menanggapi lulusnya 229 orang siswa dari Kabupaten Simeulue, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd kepada media ini, Minggu (26/6/2022) mengucapakan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh.

“Dukungan dari Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT dan Sekretaris Daerah Aceh, dr Taqwallah MKes serta dibawah komando Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM, telah mampu mempertahankan peringkat kedelapan nasional SBMPTN,” kata Al Amin.

Dikatakannya, lulusnya 229 orang siswa jalur SBMPTN tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak, mulai dari kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, pengawas sekolah komite sekolah, masyarakat dan stakeholder lainnya di Kabupaten Simeulue dalam mewujudkan Aceh Carong.

Lebih lanjut Kacabdin Wilayah Simeulue menjelaskan, sebanyak 34 sekolah jenjang SMA dan SMK yang berada di Kepulauan Simeulue berhasil menempatkan 229 orang siswa lulus SBMPTN atau naik 15 persen dari tahun sebelumya.

Ditambahkannya, siswa yang lulus SBMPTN itu selain menempati kampus di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudera (Unsam), juga ada yang lulus di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat.

“SMA Negeri 1 Sinabang, SMA Negeri 1 Teupah Barat, SMA Negeri 1 Alafan, SMA Negeri 1 Simeulue Tengah dan SMA Negeri 2 Simeulue Barat, merupakan sekolah yang banyak meluluskan siswanya jalur SBMPTN, semoga tahun depan bisa dipertahanka dan ditingkatkan lagi,” sebut Al Amin. (AK99)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.