Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Desa Moyoketen Tulungagung Lakukan Kerja Bakti

Tulungagung, beritaterbit.com – Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pemerintah Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Tulungagung bersama warga melakukan kerja bakti masal, Jum’at (08/03/24).

Terpantau di lokasi, warga tampak kompak dalam melakukan kegiatan sosial kerja bakti membersihkan saluran irigasi dan membersihkan rumput di tepi jalan.

Saat ditemui, pak Palil warga RT 02 RW 03 ketika sedang melakukan pembersihan saluran irigasi, mengaku mendukung kegiatan kerja bakti ini dan berharap lebih sering lagi kegiatan seperti ini diadakan demi kepentingan bersama.

“Kegiatan sosial seperti kerja bakti ini mestinya lebih sering diadakan, karena demi kepentingan bersama,” ucap pak Palil.

Ditempat lain, Kepala Desa Moyoketen Hari Purwanto mengungkapkan, sasaran kerja bakti kali ini meliputi tempat pemakaman umum, saluran irigasi, balai desa dan rerumputan di tepi jalan.

“Sasaran kerja bakti ini difokuskan ada tiga tempat yaitu tempat pemakaman umum, saluran irigasi dan rumput tepi jalan,” beber Hari.

“Kenapa kok tempat pemakaman umum, karena pada saat mendekati bulan suci Ramadhan masyarakat sudah terbiasa dan menjadi tradisi dengan acara nyekar atau kirim do’a pada leluhurnya di tempat pemakaman, supaya dalam melakukan ritual kirim do’a masyarakat biar lebih terasa nyaman,” jelasnya.

Hari menambahkan, disaat musim penghujan selokan atau saluran irigasi sering mengalami berbagai macam sumbatan, sehingga dapat menyebabkan kemacetan arus air dan dapat menimbulkan banjir, maka dari itu perlu dilakukan pembersihan di saluran irigasi tersebut.

Hari Purwanto berharap, dengan kerja bakti masal ini supaya masyarakat dapat berinteraksi berbaur sehingga tercipta rasa guyup rukun antar sesama warga.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.