Rektor Umuslim Melepas Keberangkatan Dua Mahasiswa Kuliah Satu Tahun Di NGU Jepang

Bireuen, Beritaterbit.com – Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen, Aceh Dr Marwan M.Pd, Jumat 22 Maret 2024 bertempat di Ruang Rapat Gedung Ampon Chiek melepas keberangkatan dua orang Mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Satu Tahun atau dua semester di Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang.

Keberangkatan dua mahasiswa Umuslim dijadwalkan Senin 25 Maret 2024 melalui Bandara Internasional Cengkareng Soekarno Hatta, singgah di Singapore langsung terbang ke Tokyo Jepang. Selama kuliah satu tahun di NGU Jepang mendapat biaya gratis Apartemen, akomudasi dan fasilitas belajar lainnya.

Rektor Marwan dalam arahannya menambahkan bahwa Program Pertukaran Belajar mahasiswa dilaksanakan atas Kerjasama MoU Umuslim dengan NGU Jepang yang sudah ditantatangani bersama sejak tahun 2016 yang lalu di NGU Jeoang dan selana ini telah puluhan mahasiswa diantara kedua Universitas melakukan Pertukaran belajar (Student Exchange).

Kemudian sekarang terlaksana sesuai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Dikti.

Sebelumnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr drh Zalfikar M.Si minta agar kedua Mahasiswa dapat menjaga nama baik Almamater Umuslim di NGU Jepang dengan memakai atribut Almamater, berpakaian seperti disini dan perkenalkan Umuslim sebagai kampus bercirikan Islami. Juga dapat menyanyikan Lagu Aceh seperti Bungong Jeumpa kalau ada acara seremonial kampus. Kemudian Jangan tergoda dengan suasana bebas di jepang.

Kedua Mahasiswa tersebut yaitu Nabila dari Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sisial dan Politik ( FiSIP ) dan Raihan Prodi PGSD FKIP merupakan Gelombang ke 9. Pada saat pelepasan didampingi Keluarga. Sementara Rektor Dr Marwan M.Pd didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Halus Satriawan M.Si, warek Keuangan, Warek Mahasiswa dan Alumni, Para Dekan, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Fauzi MA.

Kepala KUI Fauzi MA mengatakan pada bulan September 2024 mendatang akan dikirem Gelombang ke 10, begitu juga Umuslim menerima mahasiswa NGU Jepang dalam waktu bersamaan.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.