PGRI Kabupaten Seluma Diduga Lakukan Pungli Dengan Dalih Sumbangan

Seluma, Beritaterbit.com – Dugan pungli disinyalir terjadi di organisasi Persatuan Guru Repoblik Indonesia (PGRI) Kabupaten Seluma dengan dalih sumbangan sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) per-anggota, Rabu (14/6/2023).

Saat dimintai keterangan melalui via telfon salah seorang dewan guru yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang enggan untuk disebukan namanya, membenarkan adanya pemotongan gaji ke-13 oleh PGRI Kabupaten Seluma.

“Ya benar ada potongan tersebut dengan rincian per-anggota Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) dari 1600 dewan guru SD-SMP di Kabupaten Seluma,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa akibat pemotongan gaji tersebut, banyak dewan guru yang tidak terima karena mereka tidak mengerti kenapa gajinya dipotong dan untuk apa gajinya dipotong.

“Sehingga mereka langsung mengadukan permasalahan pemotongan gaji tersebut ke pihak Diknas Kabupaten Seluma. Setelah melakukan pembicaraan antara pihak guru dan pengurus PGRI, bagi dewan guru yang tidak terima gajinya dipotong langsung dikembalikan oleh pihak PGRI,” jelasnya.

Di sisi lain saat dimintai klarifikasi, Ngatijo selaku Bendahara PGRI Kabupaten Seluma membenarkan adanya pemotongan gaji ke-13 setiap dewan guru SD dan SMP di Kabupaten Seluma.

“Memang benar adanya pemotongan tersebut dengan nominal Rp 100.000 (serarus ribu rupiah) per dewan guru, akan tetapi bagi dewan guru yang merasa keberatan saat ini sudah kami kembalikan,” ungkapnya.

Sementara, tujuan pemotongan gaji tersebut menurutnya untuk pembangunan rumah singgah PGRI Kabupaten Seluma, “Dengan tujuan bagi dewan guru yang jaraknya jauh untuk mengurus segala sesuatu keperluan ada tempat berteduh,” tutupnya.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.