Permasalahan Kesehatan Yang Muncul Pada Lansia

beritaterbit.com – Oleh:Egha Srinita, Ilmu Keperawatan, Unika De La Salle Manado 

Masalah kesehatan mental pada lansia dapat berasal dari 4 aspek yaitu fisik,psikologik,social dan ekonomi. Masalah tersebut dapat berupa emosi labil,udah tersinggung ,merasa tidak dihargai,kecewa,merasa tidak bahagia,perasaan kehilangan dan merasa tidak berguna lagi. Umumnya masalah kesehatan mental yang terdapat lansia yaitu masalah penyesuaian diri atau keadaan Karena adanya perubahan dari keadaan kebelumnya misalnya (fisiknya masih kuat,berkerja dan berpenghasian). Lansia dengan problem ini bisa menjadi lebih rentan mengalami gangguan psikiatrik seperti depresi,atau ansietas(kecemasan).

Lansia identik dengan menurunnya daya tahan tubuh dan juga dapat mengalami berbagi penyakit. Pemberian nutrisi yang baik dan cukup untuk lansia sangatlah diperlukan. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahsa lansia memerlukan nutrisi yang adekuat untuk mendukung dan mempertahankan kesehatannya. Beberapa factor yang memperngaruhi kebutuhan gizi pada lansia yaitu: berkurangnya kemampuan mencerna makanan,berkurangnya cita rasa dan factor penyerapan makanan karna lansia megalami perubahan fisik atau penurunan kesehatan.

Dengan adanya penurunan kesehatan dan keterbatasan fisik maka diperlukan perawatan sehari-hari yang cukup pada lansia.perawatan tersebu dimaksudkan agar lansia mampu mandiri atau mendapat bantuan yang minimal.perawatan yang dierikan berupa kebersihan perorangan seperti kebersihan gigi dan mulut,kebersihan kulit dan badan serta rambut.selain itu pemberian informasi pelayanan kesehatan yang memadai juga sangat diperlukan bagi lansia agar dapat menjaga kesehatannya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.