Penjamasan 2 Pusaka Menandai Hari Jadi Kabupaten Trenggalek 828

Trenggalek, Beritaterbit.com – Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ditandai dengan penjamasan 2 Pusaka Tombak, satu Tombak Korowelang dan Tombak Sakembaran.

Prosesi penjamasan ini dilakukan di ruang paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha oleh juru Jamas KRT, dr. Sarjono Baskoro dan Tim.

Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin menyerahkan 2 Pusaka yaitu 2 Tombak Korowelang, 1. Tunggul Sungsung Naga dan 1. Tunggul Sungsung Praja kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/8/2022).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyerahkan kepada juru jamas untuk dibersihkan, acara rutin ini dilakukan setiap tahun. Menjelang Hari Jadi Trenggalek 828 kita melakukan jamasan, kita inapkan di Kamulan, karena dulu prasastinya ditemukan di Kamulan. Kemudian besuk di kirab ke Pendopo Manggala Praja Nugraha, ungkap Bupati Nur Arifin.

Bupati Trenggalek menambahkan, “Tahun ini ada yang beda, karena kita kedatangan tamu, Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kebetulan sejak kemaren Pemerintah Provinsi DIY memberikan muhibah budaya, jadi budaya Mataraman khususnya Ngayogyakarta di Trenggalek. Mungkin nanti Beliau akan datang langsung pada tanggal 1. Besuk acaranya tetap seperti biasa”.

Mungkin yang berbeda masyarakat biasanya ngalab berkah hanya satu tumpengnya, kita tambahi menjadi 30 tumpeng kecil jadi jumlahnya menjadi 31 tumpeng sesuai tanggal Hari Jadi Trenggalek.

Seperti tahun sebelumnya, ASN besuk pagi mungkin sudah mulai bergerak, mulai hari ini ASN saya minta untuk berbagi, terserah sesuai kemampuannya memberikan kado kepada tetangga kanan kiri, berbagi kebahagiaan di Hari Jadi, pungkasnya. (SG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.