Wakil Bupati Trenggalek Dukung Gerakan Pemasangan Patok Batas Tanah Serentak Di Pelosok Tanah Air

Trenggalek, Beritaterbit.com – Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara melalui zoom meeting dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mendukung Gerakan Pemasangan Patok Batas Bidang Tanah (Gemapatas) secara serentak di seluruh pelosok tanah air.

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Natanegara menyampaikan, pemasangan patok batas bidang tanah sangat penting maka dari itu pihaknya sangat setuju dengan program Menteri ATR/BTN RI.

“Sebagaimana kita ketahui banyak perselisihan batas tanah, saudara tidak akur dengan sesama saudaranya, dengan tetangganya karena batas tanah. Dengan adanya gerakan ini saya berharap perselisihan batas tanah tidak terjadi lagi karena sudah ada kepastian hukum kepemilikan tanah dengan PTSL,” ungkap Wakil Bupati, Jumat (3/2/2023).

Syah Natanegara berharap, sesuai dengan tema gerakan ini ‘Anti Cekcok Anti Caplok’ pemasangan patok batas tanah secara serentak bisa meminimalisir kasus caplok mencaplok kepemilikan tanah yang berujung pada perselisihan.

Di Trenggalek pemasangan sebanyak 5.000 patok batas bidang tanah dipasang serentak di Desa Sukosari dan Desa Parakan Kabupaten Trenggalek guna menyukseskan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023.

Menteri ATR/BTN Hadi Tjahjanto menyebut, pemasangan patok batas bidang tanah ini salah satu upaya Kementrian ATR/BTN dalam melakukan percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap. Ada 1 juta patok batas bidang tanah yang dipasang secara serentak di pelosok tanah air.

Dalam kegiatan tersebut juga menyinggung mengenai mafia tanah yang merugikan pemilik tanah. Saat ini mafia tanah sedang tiarap, mari kita buat tiarap terus pasalnya perbuatan mereka sangat meresahkan.

“Bapak Presiden menginstruksikan untuk dilakukan percepatan program PTSL guna memberikan kepastian hukum atas hak bidang tanah kepada masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Sugeng

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.