Padat Karya Salah Satu Bentuk Wujud Sifat Gotong Royong Yang Masih Terjaga

Kediri, Beritaterbit.com – Pemerintah Desa Cerme Kecamatan Grogol dan masyarakat melaksanakan karya bakti padat karya gotong royong membersihkan aliran sungai di Dusun Ngolakan Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk rutinitas di kala musim penghujan atau sebelum datangnya, yang dirasa dapat menghambat aliran air yang akan menyebabkan banjir atau kurangnya lancar gorong gorong aliran sungai.

Selain itu padat karya secara gotong royong masih dilakukan sejak dulu sampai sekarang oleh Pemerintah Desa Cerme, gotong royong yang melibatkan warga dusun setempat secara rutin dilakukan di seluruh dusun yang berada di Desa Cerme secara bergantian.

Sementara itu Kepala Desa Cerme Saiful Anam mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan di Pemerintah Desa Cerme dan hal ini secara otomatis juga mengangkat sifat kearifan lokal budaya gotong royong.

“Rutinitas setiap musim penghujan di Dusun Santren Lor dan sekarang yang dikerjakan Dusun Ngolakan, kegiatan ini semua yang mengerjakan adalah warga masyarakat dusun setempat secara gotong royong dalam artian tidak melibatkan penduduk lain dan mempertahankan sifat saling membantu gotong royong,” ucapnya pada media, Kamis (25/01/2024).

Sebagai informasi kegiatan tersebut langsung di ikuti warga dusun setempat juga Kepala Desa serta perangkat dan tokoh masyarakat Desa Cerme juga Lembaga Desa Cerme.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.