Mengenal 4 Jenis Arang Beserta Karakteristiknya

Arang merupakan salah satu komponen penting yang perlu kamu siapkan sebelum mulai berpesta BBQ. Namun dalam memilihnya tidak boleh asal – asalan karena ada beberapa jenis arang yang bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan bahan bakar.

Kebanyakan orang mengenal kalau arang berasal dari kayu yang dibakar hingga menyisakan residu karbon berwarna hitam. Padahal selain terbuat dari kayu, arang juga bisa berasal dari batok kelapa, arang briket, atau batu bara.

Setiap jenis arang yang tersedia tentu memiliki ciri khas dan menawarkan keunggulan masing – masing. Namun, sebelum memutuskan membeli arang untuk bahan bakar, kamu perlu mengenal terlebih dahulu jenis arang yang tersedia di pasaran.

Berikut 4 jenis arang yang bisa kamu pilih agar bisa mendapatkan api bakaran yang bagus:

1. Arang Kayu

Arang kayu merupakan jenis yang paling umum digunakan sebagai bahan untuk membakar makanan. Jenis arang ini berasal dari kayu yang dibakar hingga menjadi hitam. Arang kayu biasanya memiliki bentuk bongkahan kotak – kotak kecil dan masih mudah ditemukan di penjual arang. Arang kayu biasanya dijual dalam kemasan bungkusan plastik.

Keunggulannya adalah lebih mudah dinyalakan dan juga harganya terbilang murah. Tapi sayang, jenis arang ini biasanya menghasilkan abu yang banyak saat dipakai untuk memasak dan asapnya juga lumayan banyak. Arang kayu juga cenderung cepat habis.

2. Arang Batok Kelapa

Arang batok kelapa berasal dari tempurung kelapa yang sudah dipotong kecil – kecil. Bentuk arang jenis ini lempengan berwarna hitam legam. Arang batok kelapa pun masih sangat mudah ditemukan di pasaran dan seringkali diandalkan sebagai bahan bakar untuk pesta BBQ. Apalagi harganya pun cukup terjangkau.

Arang batok kelapa termasuk jenis yang menawarkan kualitas baik karena mampu menghasilkan nyala api yang bertahan lama dan stabil. Keunggulan lainnya, arang jenis ini pun tidak menghasilkan asap yang terlalu banyak. Jika dimanfaatkan untuk memanggang tidak akan membuat makanan cepat gosong.

Tapi sayangnya, arang batok kelapa agak sulit dinyalakan, sehingga dibutuhkan trik khusus agar bisa membuat nyala api dari arang batok kelapa.

3. Arang Briket

Arang briket merupakan jenis arang yang terbuat dari campuran jenis arang yang dihaluskan kemudian dicetak dan dipadatkan. Untuk pemakaian rumah tangga, biasanya jenis arang briket tersedia dalam ukuran kecil.

Arang briket biasanya berasal dari campuran antara arang kayu dengan arang batok kelapa, arang serbuk gergaji, arang sekam, dan juga jenis arang lainnya. Arang briket pun mendapat campuran dari tepung kanji sehingga bisa dicetak dengan mudah.

Keunggulannya terletak pada nyala api yang cukup lama dan stabil. Selain itu, arang briket pun tidak menghasilkan banyak asap. Tapi sayang, harganya cukup tinggi dan masih cukup sulit ditemukan di pasaran.

4. Arang Batu Bara

Arang batu bara merupakan jenis arang yang modern. Jenis arang ini tersedia dalam bentuk dan ukuran yang beragam dengan tampilan yang bersih. Arang batu bara bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau toko alat kebutuhan rumah tangga.

Keunggulannya dibandingkan dengan jenis arang yang sudah disebutkan diatas adalah memiliki nyala api yang stabil dan tahan lama. Arang batu bara pun tidak akan menghasilkan asap yang berlebih saat dipakai, sehingga pesta BBQ kamu bisa berjalan dengan nyaman.

Namun sayang sekali harganya masih terbilang tinggi. Arang batu bara biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk alat panggang modern yang memiliki area pembakaran khusus. Selain itu, jenis arang ini memiliki panas ekstra sehingga bisa digunakan untuk memanggang daging dalam ukuran yang cukup besar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.