Irfadi S.Pd.i, NL.P, Keusyik Karieng Peudada Raih Penghargaan PJA Tingkat Nasional

Bireuen, Beritaterbit.com – Irfadi S.Pd.i, NL.P Keusyik atau Kepala Desa Karieng Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen mewakili Bireuen berhasil mendapatkan Penghargaan bergengsi Paralegal Justice Award (PJA) 2023 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh BPHN dan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indinesia di Disciveri Hotel, Ancol Kamis 1 Juni 2023.

Penghargaan diberikan kepada Irfadi karena peran dirinya sebagai Non Litigation Peacemaker atau Juru Perdamaian Desa/Kelurahan. Maka sekaligus meraih Piala Paralegal Justice Award, PIN lencana Non Litigation Peacemaker (NLP), Jubah NLP, Sertifikat serta berhak menyandang gelar non akademik Non Litigation Peacemaker (NLP) yang disematkan dibelakang nama.

Selain itu, Keuchik Gampong Karieng dinobatkan sebagai penerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Jagadita 2023 yang merupakan pemberian prestasi terbaik dalam membina dan mengembangkan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan mendukung pengembangan Investasi dan pariwisata.

Acara malam Anugerah Paralegal Justice Award 2023 ini dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, yang menekankan peran penting kepala desa dan lurah dalam penyelesaian perkara atau sengketa antarwarga di wilayahnya.

“Paralegal Justice Award ini merupakan kerja bersama antara Kemenkumham, Mahkamah Agung (MA) serta didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tandasnya.

Sementara itu, Irfadi Keuchik Gampong Karieng Peudada mengaku bahwa dirinya sangat senang dan merasa bahagia bisa membawa pulang penghargaan tersebut untuk Kabupaten Bireuen sekaligus sebagai perwakilan Provinsi Aceh yang ia cintai.

“Alhamdulillah berkat dukungan dan support dari seluruh masyarakat Kabupaten Bireuen khususnya Pj Bupati Bireuen dan seluruh jajaran Bagian Hukum Setda Bireuen, penghargaan ini bisa kita raih. Yang sangat spesial saya persembahkan Award yang saya dapatkan ini kepada Camat Peudada selaku Pembina kami ditingkat kecamatan sehingga saya bisa hadir dan bisa meraih predikat Justice Award 2023 di Jakarta,” terang Irfadi.

“Terima kasih juga atas doa dan dukungan kawan-kawan Keuchik  seluruh Kecamatan Peudada dan Kabupaten Bireuen. Selain itu juga terima kasih kami kepada masyarakat Aceh umumnya, khususnya Kabupaten Bireuen yang telah memberikan semangat dan motivasi semoga apa yang saya dapatkan ini bisa menjadi motivasi kedepan sebagai mediator adat ditingkat desa,” harap Irfadi.

Secara terpisah, Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan Ph.D menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih oleh Irfadi sebagai perwakilan Kabupaten Bireuen dan sekaligus Perwakilan Provinsi Aceh.

Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D, juga mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh jajaran Bagian Vukum Setda Bireuen yang berkerja sama dengan Camat Peudada atas kelancaran administrasi untuk mengikuti kegiatan yang telah mengkoordinirnya dengan baik, mulai dari prosesnya sampai berhasil meraih penghargaan ini.

“Alhamdulillah selamat kepada Irfadi, S.Pd.I., NL.P, perwakilan Bireuen sekaligus Perwakilan Provinsi Aceh yang telah menerima penghargaan di Paralegal Justice Award Tahun 2023. Semoga dapat memacu para Kepala Desa/Keuchik-keuchik yang lainnya serta dapat membantu penanganan permasalahan hukum ringan yang ada di daerahnya, sehingga tidak perlu sampai di Aparat Penegak Hukum serta secara tidak langsung dapat mendorong berkurangnya tingkat over kapasitas Khususnya di Kabupaten Bireuen dan umumnya di Aceh,” ujarnya.

Kemudian Camat Peudada Erri Seprinaldi, S STP, M.Si bersama Muspika dan Masyarakat Peudada merasa bahagia sebab Irfadi Keusyik Karieng mewakili Bireuen khususnya dan Provinsi Aceh berhasil mendapatkan Penghargaan Tingkat Nasional. Semoga dapat dipertahankan dan Desa Karieng menjadi tempat kita dapatkan sistem pelaksanaan Justice dalam menegakkan perdamaian bila timbul perkara desa.

Dari Aceh turut hadir pada malam Penganugrahan Paraleg.

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.