Daftar Ruas Jalan Tol Yang Dibangun Oleh PT. CMNP Yang Menjadi Sumber Kekayaan Dari Jusuf Hamka

Mohammad Jusuf Hamka merupakan seorang laki laki yang lahir di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tepat di tanggal 5 Desember 1957.

Jusuf Hamka lahir dengan nama Alun Joseph dan juga sudah menghabiskan sebagian besar masa ketika kecilnya di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Pada saat kecilnya, Alun Joseph menjajaki beraneka macam makanan mulai dari kacang-kacangan sampai es mambo di wilayah sekitar Masjid Istiqlal.
Pada saat umurnya sudah menginjak 23 tahun, dia memutuskan untuk menjadi seorang mualaf yang berada di bawah bimbingan Buya Hamka dan juga mengganti namanya menjadi Jusuf Hamka.

Diketahui Jusuf Hamka pernah mengenyam pendidikan di beragam perguruan tinggi, seperti FISIP Universitas Jayabaya pada tahun 1980 dan juga Bisnis Administrasi Columbia College, Vancouver pada tahun 1977.

Jusuf Hamka juga sempat menjadi mahasiswa kedokteran Universitas Trisakti pada tahun 1974 dan juga Fakultas Hukum di Universitas 17 Agustus. Akan tetapi, semua pendidikan tersebut tidak dituntaskan sampai memperoleh gelar karena dia kurang menyukai formalitas.

Tidak hanya itu, dia juga pernah menjadi pengangguran selama 14 tahun sebelum pada akhirnya menjadi seorang direktur utama dan juga pemegang saham mayoritas di PT. Citra Marga Nusaphala Persada.

Sementara untuk ruas jalan tol yang sudah dibangun oleh PT. CMNP sendiri sekarang ini sudah berdiri sebanyak 7 ruas.

Berikut ini merupakan daftar ruas jalan tol yang dibangun oleh PT. CMNP yang menjadi sumber kekayaan dari Jusuf Hamka.

1. Jalan Tol Waru – Juanda
Jalan Tol Waru – Juanda merupakan satu-satunya ruas jalan tol yang dipunya oleh Jusuf Hamka di Provinsi Jawa Timur.
Jusuf Hamka mempunyai konsesi Jalan Tol Waru – Juanda senilai 96,83 persen yang merupakan akses utama untuk ke Bandar Udara Juanda Surabaya.

2. Ruas Tol Bogor Outer Ring Road
Kekayaan Jusuf Hamka juga berasal dari konsesi ruas jalan Tol Bogor Outer Ring Road dengan panjang kurang lebih berukuran 11 kilometer. Ruas jalan Tol Bogor Outer Ring Road ini sudah selesai dibangun sejak tahun 2009 silam dan juga masih digunakan sampai sekarang ini.

3. Tol Pelabuhan
Tol Pelabuhan atau lebih dikenal dengan sebutan Tol Ancol merupakan ruas jalan tol sambungan dari Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang – Tanjung Priok.
Tol yang satu ini mempuyai ukuran panjang kurang lebih 13 km yang berada di daerah Jakarta Utara dan juga rencananya akan terkoneksi dengan ruas jalan Tol Pelabuhan II yang tengah dibangun Jusuf Hamka.

4. Jalan Tol Depok – Antasari
Jalan tol yang satu ini seringkali mendapat julukan Tol Andara dan juga mempunyai ukuran panjang sekitar 21 km. Tol yang satu ini adalah kepemilikan dan juga kekayaan Jusuf Hamka lewat entitas PT. Citra Waspphutowa.

5. Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan
Lewat PT. Citra Karya Jabar Tol, Jusuf Hamka memiliki konsesi pada lahan di Ruas jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan senilai 51 persen. Tol yang satu ini mempunyai ukuran panjang hampir mencapai 60 km dan juga sudah berjalan sejak akhir tahun 2022 lalu.

6. Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang – Tanjung Priok
Jusuf Hamka adalah orang yang mempunyai konsesi dari ruas jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang – Tanjung Priok. Ruas jalan tol yang satu ini adalah ruas jalan tol pertama di Indonesia yang mengusung sistem layang dengan Teknik Sosrobahu.

7. Tol Soreang – Pasirkoja
Tol Soreang – Pasirkoja merupakan jalan tol yang dimiliki Jusuf Hamka yang menyambungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.