Sambut Hari Jadi Ke-731, Pemkab Mojokerto Gelar Festival Tari Bedoyo Tingkat SMP Sederajat

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke- 731, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto menggelar Festival Tari Bedoyo Tingkat SMP sederajat di Gedung Olah Raga Indoor Dinas Pendidikan (GOR Indoor Dispendik), Selasa (7/5/2024).

Sebanyak 26 peserta baik dari SMP/MTS Negeri maupun swasta se-Mojokerto mengikuti pagelaran Festival Tari Bedoyo yang diadakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) berasal dari SMP Islam Miftaahussurur dari Kintelan Puri, SMPIT Al Hidayah dari Wonodadi Kutorejo, SMPN 1 Mojosari, SMPN Mojoanyar, SMPN 2 Jetis, SMPN 2 Puri, SMPN 1 Trowulan, SMPN 2 Gedeg, SMP Terpadu Al Azhar Simbaringin Kutorejo.

Kemudian SMP Islam Hasanuddin, SMP Unggulan Al Hidayah Awang-awang Mojosari, SMPIT Al Anwar Modopiro Mojosari, SMP Unggulan Al Hidayah Simbaringin Kutorejo, SMPN 1 Pacet, SMPN 1 Sooko, SMPN 1 Puri, SMPN 1 Pungging, SMPN 2 Trawas, SMPN 1 Dawarblandong, SMPN 1 Trawas, SMPN 1 Jetis, SMPN 2 Dawarblandong, SMPN 2 Jatirejo, SMPN 1 Gondang, SMPN 2 Ngoro, SMPN 2 Bangsal dan SMPN 3 Ngoro Satu Atap.

Dalam sambutannya, Ikfina Fahmawati mengatakan, Tari Bedoyo Putri Mojosakti yang jadi bagian dari rangkaian Hari Jadi Ke-731 Kabupaten Mojokerto, yang merupakan bentuk pemda melestarikan warisan budaya Kerajaan Majapahit agar tetap eksis.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian upaya kita semuanya, bagaimana Kabupaten Mojokerto sebagai dahulunya pusat Kerajaan Majapahit. Budaya-budaya tidak lepas dari peninggalan Majapahit dan tetap menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, selain rangkaian Hari Jadi ke- 731 ini, Festival Tari Bedoyo Putri Mojosakti tidak hanya melestarikan seni budaya, namun juga dampaknya dapat mendongkrak perekonomian dan Kesejahteraan masyarakat.

“Dan tentu yang kita inginkan Hari Jadi Ke- 731 Kabupaten Mojokerto ini menjadi bagian dari mendongkrak kebangkitan kita semuanya di semua bidang. Tidak hanya bidang seni budaya, tetapi khususnya juga bidang ekonomi,” pungkas Ikfina Fahmawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto Norman menyampaikan, Festival Tari Bedoyo ini sebagai upaya untuk mengangkat budaya Mojokerto yang merupakan warisan Kerajaan Majapahit. “Bagi peserta yang mendapat Juara 1, 2 dan 3 akan diundang untuk tampil di Upacara Hari Jadi Ke-731 di Pendopo Graha Maja Tama Kabupaten Mojokerto.

Nampak hadir dalam Pagelaran Festival Tari Bedoyo, Ikfina Fatmawati Bupati Mojokerto, Lutfi Kepala Dinas Pendidikan, Norman Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Kepala Sekolah dan Guru Pendamping Tari Bedoyo. (Adv)

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.