Begini Penjelasan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan

Magetan, Beritaterbit.com – Jalan dari Magetan menuju arah Gorang Gareng dan Madiun maupun arah sebaliknya, akan merasakan berkendara lebih leluasa tentunya sangat mendukung bagi perekonomian masyarakat magetan maupun secara umum. Dengan dilebarkannya ruas jalan tersebut yang digeber Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan melalui Bidang Bina Marga, menjadi 9 meter yang sebelumnya hanya 3 sampai 4 meter.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan Muchtar Wahid mengungkapkan, proyek pelebaran jalan tersebut sebenarnya sudah dalam perencanaan yang cukup lama namun terkendala dengan anggaran yang tersedia, menjadikan proyek pelebaran jalan antara Magetan menuju Gorang Gareng sampai Madiun harus dikerjakan secara bertahap.

“Apalagi saat musim pandemi anggaran pembangunan harus direfocusing untuk menangani Covid-19. Namun meski pengerjaannya bertahap, sudah tampak hasil pengerjaannya yakni saat ini ruas jalan tersebut sudah dilebarkan namun belum dihaluskan dengan hot mix,” bebernya kepada wartawan, Rabu (8/11/2023).

“Saat ini pun sudah terlihat bus umum Antar Kota Antar Provinsi dari Ponorogo melintas menuju Terminal Maospati secara otomatis melewati Nguntoronadi dan Gorang Gareng. Ini membuktikan jalur yang sudah dilebarkan animo masyarakat sangat baik, ini terbukti banyaknya yang melintas jalan tersebut. Otomatis akan membawa dampak perekonomian masyarakat,” masih kata Mukhtar.

Ruas jalan Gorang Gareng Kabupaten Magetan.

“Untuk pengerjaan hotmix 1 km-nya bisa menghabiskan anggaran Rp 1,8 milyar, dengan anggaran yang ada saat ini hanya bisa dikerjakan secara bertahap. Saat ini pun untuk pengerjaan hotmix dari Takeran sampai Magetan masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 30 milyar,” jelasnya.

Jalur ini Magetan menuju Madiun lewat Gorang Gareng kata Muchtar, nantinya akan menjadi jalur dambaan bagi para pengguna jalan dari kedua arah. Dengan jalan yang lebar dan minimnya keberadaan traffic light menjadi pilihan masyarakat untuk melewati jalur tersebut.

Sebagai informasi di tahun 2023 ini hingga bulan November, pengerjaan jalan di Kabupaten Magetan sudah mencapai di angka 80% untuk pengerjaannya.

Reporter : Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.