Mengenal Rukun Iman Dalam Islam

Iman adalah keyakinan yang berkaitan dengan agama. Secara lengkapnya iman adalah meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan.

Sedangkan menurut Syaikh Abdul Majid Az-Zandani, definisi iman menurut syara’ adalah meyakini. Iman juga bisa diartikan keyakinan yang terbentuk dalam hati. Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala pada surat Al-Baqarah ayat 143 yang artinya:

“Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (Umat Islam) ‘umat pertengahan’ agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.”

Dalam Islam sendiri iman terdiri dari 6 pilar yang disebut dengan rukun iman. Berikut penjelasan rukun iman selengkapnya.

1. Iman Kepada Allah

Beriman kepada Allah artinya seorang Muslim harus mengimani adanya Allah, mengimani rububiah Allah, mengimani uluhiah Allah dan mengimani semua nama dan sifat Allah.

2. Iman Kepada Malaikat

Ada banyak malaikat yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, namun hanya ada 10 malaikat saja yang wajib kita ketahui dan imani. Antara lain Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan. Semua malaikat tersebut memiliki perannya masing-masing.

3. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan firman-Nya kepada para Nabi dan Rasul yang kemudian dikumpulkan menjadi sebuah kitab suci yang wajib diimani oleh umat Islam. Ada 4 kitab suci yang Allah turunkan diantaranya Zabur, Taurat, Injil, dan Al Quran.

4. Iman Kepada Nabi dan Rasul

Kita sebagai orang Islam harus mengimani bahwa Allah telah mengutus para Nabi dan Rasul untuk menyampaikan wahyu. Ada banyak Nabi dan Rasul yang diutus Allah, tetapi hanya 25 Nabi dan Rasul saja yang wajib kita imani, mulai dari Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW.

Beriman kepada Nabi dan Rasul ini diwujudkan dengan meyakini serta meneladani setiap kisahnya. Umat Islam sendiri harus mengikuti Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik.

5. Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)

Kita harus meyakini bahwa hari kiamat atau hari akhir pasti akan terjadi. Di dalam Islam sendiri yang namanya kiamat itu terbagi menjadi dua, yakni kiamat sugro atau kiamat kecil dan kiamat kubro atau kiamat besar.

Kiamat sugro ini bisa berupa bencana alam dan kematian. Sedangkan kiamat kubro artinya hancurnya seluruh alam semesrta dan tanda dimulainya kehidupan akhirat yang abadi.

6. Iman Kepada Qada dan Qadar (Takdir)

Beriman kepada Qada dan Qadar itu artinya percaya dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki kehendak, ketetapan, keputusan atas semua makhluk ciptaan-Nya.

Qada dan Qadar atau takdir ini tidak akan terlepas dari empat hal, yakni al-ilm, al-kitabiah, al-masya, dan al-khalaq. Artinya, segala seuatu yang disebut takdir itu adalah segala perbuatan manusia atau makhluk-Nya berdasarkan ilmu Allah, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang terjadi.

Di dalam Al Quran menyatakan  bahwa seluruh kehidupan di dunia ini tercatat dalam Lauh Mahfuzh :

Artinya : “Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat-umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun di dalam Al Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan. (QS. Al An-am : 38)

Kita sebagai muslim harus meyakini takdir baik (qada) dan takdir buruk (qadar). Menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah, qadar ini artinya takdir, sedangkan qada artinya hukum atau ketetapan.

Dengan mengimani qada dan qadar ini, kita sebagai manusia diharapkan menjadi tidak sombong dan lupa diri bahwa dunia beserta isinya ini hanyalah titipan Allah yang sifatnya fana.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.