SDN 1 Sinindian Bina Karakter Siswa

Kotamobagu, Beritaterbit.com – Selain kemampuan akademis, pendidikan karakter siswa merupakan target penting Pendidikan. Pendidikan karakter di sekolah bertujuan untuk membangun karakter siswa supaya memiliki sifat atau ciri khas yang melekat pada diri seseorang dalam berperilaku sehari-hari.

Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan menyisipkan pesan moral dalam setiap pelajaran. Ajarkan siswa untuk mengambil hikmah dari setiap pelajaran yang dipelajari. Dengan demikian siswa dapat mengetahui bahwa ilmu yang sedang dipelajarinya memang penting untuk masa depannya.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Sekolah SD N 1 Sinindian Olha Monoarfa SPd saat berada di ruang kerjanya Rabu (12/10/2022) sekira pukul 14.00 wita.

Selanjutnya Monoarfa mengatakan, Leadership atau jiwa kepemimpinan adalah salah satu karakter siswa yang harus dibangun. Sifat kepemimpinan dapat dilatihkan melalui pendidikan karakter. Memberikan kesempatan pada siswa untuk menjadi pemimpin secara bergantian adalah salah satu contoh pendidikan karakter di sekolah.

“Dari awal saya ditugaskan di sekolah ini hingga sekarang belum pernah ada siswa yang berkelahi. Kami selalu mengajarkan siswa-siswi untuk saling menghargai, kalau ada salah paham biasanya hanya adu mulut saja,” ungkapnya.

Menurutnya guru merupakan rekan kerja yang harus diberikan motivasi dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan arahan kepada siswa.

“Setiap apel guru secara bergantian mendapat bagian untuk memberikan nasehat kepada siswa, ” tuturnya. (David Olad)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.