Dibuka Ka Kankemenag H. Amril, MTsN 8 Tanah Datar Gelar Lomba Tahunan Ke-14

Tanah Datar, beritaterbit.com – Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 (MTsN 8) Tanah Datar menggelar Lomba Tahunan ke-14 tahun 2024.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kankemenag) Kabupaten Tanah Datar H. Amril. Lomba tahunan kali ini menampilkan lomba olahraga dan keagamaan antar siswa SD/MI se-Kecamatan Sungai Tarab di komplek MTsN 8 Tanah Datar yang beralamat di Jorong Babussalam, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (30/1).

Ajang lomba olahraga dan keagamaan yang digelar MTsN 8 Tanah Datar itu merupakan agenda tahunan dan strategi dalam memajukan madrasah kedepan, dan memperebutkan trofi bergilir MTsN 8 Tanah Datar.

Hadir dalam Acara Pembukaan, Kasi Penmad H. Helmi Zuldi, Camat Kecamatan Sungai Tarab A. H. Miza Aziz, S.Sos & Forkopimca, Ka KUA Sungai Tarab Benny, Pengurus Komite, Kepala SD/MI se-Kecamatan Sungai Tarab dan Kecamatan Salimpaung serta undangan lainnya.

Ka Kankemenag H. Amril dalam sambutannya menjelaskan keberhasilan dan kesuksesan sebuah madrasah harus adanya komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan sinergi unsur terkait.

“Untuk memajukan madrasah harus ada komunikasi yang baik, koordinasi yang baik dan sinergi yang baik antara semua unsur. Memajukan madrasah itu dengan publikasi dan promosi seperti yang kita lakukan hari ini sangat bagus dan strategis. Tanpa publikasi tentu masyarakat tidak akan mengenal perkembangan yang dilakukan Madrasah. Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan MTsN 8 Tanah Datar ini,” ujar H. AMril.

Pada kesempatan itu, H. Amril juga meminta agar Kepala madrasah dapat mempromosikan program madrasah ke tengah masyarakat melalui publikasi tersebut.

“Saya berharap di Sungai Tarab ini nantinya dapat menjadi pelopor lahirnya madrasah unggulan, percontohan, dan favorit. Itu semua tentunya tak terlepas dari kemauan semua unsur madrasah dan masyarakat sekitarnya,” lanjut H. Amril.

Diakhir sambutannya, H. Amril memberikan support atas terlaksananya kegiatan lomba tersebut.

“Ini ialah salah satu strategi untuk memajukan madrasah. Dalam kegiatan lomba itu dipastikan adanya pembinaan dan pengembangan potensi bakat dan minat peserta didik, outputnya nanti peserta didik akan bisa mengaktualisasikannya dimana mereka berada. Untuk itu kepada peserta lomba, ikuti lomba dengan baik dan sportif,” pungkasnya.

Sementara Kepala MTsN 8 Tanah Datar Wisnaldi melaporkan kegiatan lomba diikuti 36 SD/MI se-Kecamatan Sungai Tarab dan Kecamatan Salimpaung dengan cabang lomba yang digelar Futsal, Sains PAI, Karaoke Minang, Tenis Meja, Kaligrafi, dan Cerdas Alquran.

Kegiatan tahunan itu digelar sebagai momentum untuk menggali bakat dan minat peserta didik yang ada di dua kecamatan tersebut, sekaligus dalam rangka mempersiapkan diri mereka untuk masuk ke jenjang pendidikan tingkat berikutnya.

“Kami sangat berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antara SD/MI yang ada di Kecamatan Sungai Tarab dan Kecamatan Salimpaung,” ujar Wisnaldi menutup laporannya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.