Waspada! Rumah Kosong Ditinggal Bepergian Jadi Incaran Pencurian

Rejang Lebong, beritaterbit.com – TS (19) warga Kelurahan Air Bang, Kecamatan Curup Tengah, Rejang Lebong diamankan atas perbuatannya yang meresahkan warga, Jum’at (14/10/2022) pukul 15.00 WIB oleh Tim 45 Sat Reskrim Polres Rejang Lebong.

“Tim 45 Sat Reskrim Polres Rejang Lebong telah mengamankan pelaku dengan inisial TS. Untuk pelaku sebenarnya ada tiga, satu sudah kita tangkap sebelumnya dan inisial D sudah masuk daftar DPO. Mereka beraksi dengan menyasar rumah-rumah yang sedang kosong,” ungkap Kapolres Rejang Lebong, AKBP Tonny Kurniawan, S.IK pada awak media hari Senin (24/10/2022).

Pelaku mengintai jika ada rumah kosong maka dijadikan sasaran pencurian, tidak peduli dengan apa saja isi rumah korban. Komplotan spesialis berkoordinasi untuk melakukan pencurian setelah mendapat calon rumah kosong, Mereka masuk melalui ventilasi pintu menggunakan linggis.

Mayoritas korban tidak membuat laporan polisi karena barang yang hilang tidak begitu bernilai, jadi diikhlaskan saja. Lokasi pencurian ada di Desa Duku Ulu, Air Meles, Suban Ayam bahkan kamar kost pelajar di Kelurahan Talang Ulu.

“Mereka bertiga adalah komplotan spesialis bobol rumah yang sedang kosong, semua yang benda-benda yang ditemukan dan bisa diangkut, pasti diangkut. Dari sabun mandi, gunting, lem, sampai tabung gas juga diangkut,” papar Kasat Reskrim, AKP Sampson Sosa Hutapea, S.IK.

Barang bukti curian meliputi mesin mixer, 4 handphone, 5 sabun mandi, kompor gas, gas LPG 3 kg, magicom dan sabun collagen. Barang tersebut ditemukan di rumahnya. Barang yang diambil sebagian ada yang digunakan pribadi di rumah, ada juga yang dijual dengan penghasilan yang tidak menentu.

Para pelaku dijerat Pasal 363 Ayat (2) KUHP dengan pidana penjara selama-lamanya 9 tahun. Mereka sudah beraksi dari tahun 2021-2022. Inisial D masih tetap beraksi meskipun kedua temannya sudah ditangkap.

“Harap masyarakat Rejang Lebong selalu waspada ketika hendak bepergian meninggalkan rumah dalam keadaan tidak berpenghuni. Beri pengaman yang ekstra untuk mencegah terjadinya tindak pencurian,” imbau Tonny.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.