Warga Keude Matangglumpangdua Gotong Royong Di TPU Dan Pasar Rempah Rempah

Bireuen, Beritaterbit.com – Warga Gampong Keude Matanglumpangdua Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, Sabtu 9 Maret 2024 pagi melaksanakan Gotong royong di Tempat Pekuburan Umum (TPU) Teungku Di Gle dan Pasar Rempah Rempah Kota Matangglumpangdua yang dipimpin langsung Babinsa Koramil Peusangan Sertu Yusmadi, Keusyik Keude Bukhari HS, Ketua Buruh Saiful Amri SE dan Ketua Pemuda Ikhsan SE.

Gotong royong dilaksanakan menjelang dan menyambut bulan suci Ramadhan Tahun 1445 H. Hal tersebut selalu dilaksanakan warga Keude dan para buruh bongkar muat Kota Matangglumpangdua. Pada tahun ini ikut ambil bagian bersama warga anggota buruh bongkar muat dan didampingi Babinsa Koramil Peusangan.

Keusyik Keude Matangglumpangdua Bukhari HS mengatakan, bahwa TPU Tengku Di Gle berada bersebelahan dengan Pesantren Terpadu Almuslim meminta perhatian Direktur Pesantren Terpadu Almuslim peduli lingkungan dengan membantu membersihkan pekuburan umum.

Sebelumnya lokasi pembangunan Pesantren Terpadu merupakan Tanah Pekuburan Umum Keude Matangglumpangdua. Pada sekitar tahun 2008 dibangun 2 lantai untuk Fakultas Pertanian Umuslim.

Kemudian oleh Pengurus Yayasan Almuslim sebelumnya telah mengalihkan menjadi tempat pemondokan Santri Laki-laki Pesantren Terpadu. Sementara Fakultas Pertanian pindah ke Lokasi Kampus Timur.

Dengan membangun Gedung Kuliah Fakultas Pertanian Umuslim yang sekarang menjadi lokasi pemondokan santri laki-laki sudah berkurang 1000 meter lokasi Pekuburan Umum Teungku Di Gle.

Sejumlah warga Keude Matangglumpangdua enggan bergotongroyong dekat pagar pemisah pesantren dengan lokasi pekuburan sebab ada air limbah tergenang dan tumpukan sampah.

Kemudian Babinsa Koramil Peusangan dipimpin Sertu Yusmadi bersama warga pada minggu sebelumnya membersihkan Pasar Rempah Rempah Mon Eungkot dengan menata meja lapak pedagang agar tidak berjualan terkena gang pasar, sehingga menyulitkan para pembeli berbelanja ke pasar.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.