Upaya Untuk Mengatasi Masalah Psikologis : Kesepian Di Usia Lanjut

beritaterbit.com – Findahsari K.P. Suhartono, Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Unika De La Salle Manado.

Seseorang yang telah menginjak usia 60 tahun keatas atau sudah berada dalam masa pensium disebut dengan lansia. Pada masa ini seseorang telah berada pada fase akhir dari kehidupannya, dimana perubahan-perubahan dari segi fisik akan semakin kelihatan dan penurunan kesehatan juga akan semakin dirasakan. Jumlah lansia diindonesia diperkirakan akan meningkat dari tahun ke tahun mengingat angka kelahiran yang saat ini masih tinggi.

Saat lansia seseorang akan mengalami masalah psikologi berupa perasaan kesepian. Perasaan kesepian cenderung merupakan suatu gejala depresi, salah satu penyebab yang memicu munculnya perasaan kesepian tersebut adalah kontak dan hubungan sosial dengan lingkungan tempat tinggal berkurang bahkan peran sosial juga ikut berkurang, baik itu peran dengan keluarga sendiri, teman sebaya atau masyarakat sekitar. Faktor lain yang dapat mendukung munculnya perasaan kesepian ini yaitu para lansia yang hanya hidup sendiri, kehilangan pasangan hidup, kondisi kesehatannya yang memburuk, tidak memiliki anak, pendidikan yang rendah serta perekonomian yang rendah karena sudah ada pada masa pensiun. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa kesepian dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit, depresi dan bahkan menyebabkan kematian karena bunuh diri.

Ada beberapa cara untuk membantu mengurangi rasa kesepian diusia lanjut yaitu dengan adanya dukungan emosional dari keluarga dan orang sekitar. Bentuk dukungan yang diberikan tersebut bisa dari anak, cucu ataupun keluarga beras yang kemungkinan akan meningkatkan emosi dan menimbulkan rasa nyaman bagi lansia sehingga para lansia akan merasa nyaman,aman dan tentram. Hal ini akan sangat berdampak baik pada kebahagiaan hidup lansia itu sendiri.
Tetap menjalin hubungan sosial dengan teman, tetangga dan masyarakat sekitar merupakan salah satu cara yang sangat dianjurkan untuk membantu menghindari kesepian, karna dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial seperti senam, paduan suara, rekreasi dan macam – macam kegiatan sosial lainnya itu akan sangat membantu untuk menciptakan nuansa kegembiraan dalam diri tiap lansia. selain kegembiraan yang diperoleh saat bersosialisasi, para lansia juga bisa saling bertukar informasi dan pengalaman mereka masing – masing yang akan menambah kesan menyenangkan dalam menjalani masa tua mereka.

Aktifitas seperti membaca, mendengarkan musik, menonton tv bersama, berjalan-jalan bersama, berkebun, membersihkan kamar, dan kegiatan kecil lainnya dapat menimbulkan rasa senang sekaligus sibuk untuk para lansia sehingga dapat menghalau perasaan kesepian tersebut.

Jika lansia terus menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orang-orang terdekat dan menyibukkan diri dengan hal-hal yang disukainya, maka sudah dipastikan mereka akan terhindar dari perasaan sepi dan hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan kehidupan dan membuat lansia panjang umur serta berbahagia dimasa – masa mereka.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.