TK-PAUD Zamzam Gelar Parenting Dikala Pembagian Hasil Proses Pendidikan

Bireuen, Beritaterbit.com – Pembagian raport (Hasil Proses Pendidikan) di Taman Kanak-Kanak TK-PAUD Zamzam Geudong-Geudong Bireuen Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, Sabtu (15/1/2022) diwarnai dengan parenting bersama wali murid sehingga adanya perbedaan nuansa dengan penerimaan rapor di Sekolah Dasar (SD) yang langsung diserahkan.

Menurut Emi Rohana salah seorang pendidik di TK/PAUD tersebut, sasaran dari kegiatan program parenting yaitu orangtua dari peserta didik TK/PAUD Zamzam yang melibatkan orangtua langsung dalam proses pengasuhan anak di dalam keluarga dilaksaanakan dengan enjoi sebelum penyerahan rapor.

Foto : Ibu Guru TK-PAUD ZAMZAM memberikan penjelasan kepada Ibu/Bapak wali murid sebelum pembagian hasil proses pendidikan. (Suherman Amin)

Proses pelaksanaan program parenting di PAUD Zamzam dengan menggunakan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab dengan materi terkait pertumbuhan dan perkembangan anak, strategi mendidik dan mengasuh anak bagi orangtua di dalam keluarga semakin bertambah erat rajutan tali silaturrahmi antara pihak pendiddikan dengan orangtua anak didik.

Yang menarik, partisipasi orangtua berupa peserta dalam kegiatan program parenting adalah semua orangtua yang mengambil hasil proses pendidikan anak tertib dan ceria meskipun ada sebagian orangtua yang masih belum mengikuti kegiatan.

Hasil pengamatan media ini prosesi pelaksanaan pembagian hasil pendidikan langsung dipandu oleh Kepala TK, dewan guru dan tidak ketinggalan wali murid. Pembagian raport dilaksanakan di dalam gedung TK, walaupun ruang yang tidak begitu luas tetapi ibu-ibu cukup senang dan berseri-seri.

Sejumlah tenaga pendidik dan kependidikan di TK/PAUD Zamzam menyebutkan, pembagian raport di TK/PAUD Zamzam ini menandakan bahwa proses pembelajaran pembinaan sudah berjalan enam bulan.

Namun perlu diketahui bahwa pendidikan di TK berbeda dengan pendidikan di SD. Pembelajaran untuk anak usia dini pada hakekatnya adalah pembelajaran yang berorientasi bermain (belajar sambil bermain dan bermain untuk belajar).

Daartian prosesi kegiatan pembelajaran berorientasi perkembangan yang lebih banyak memberi kesempatan kepada anak untuk dapat belajar dengan cara-cara yang tepat. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.